• Beranda
  • Berita
  • Humas Lingkup PKH Tingkatkan Keterampilan Penyajian Data dan Informasi

Humas Lingkup PKH Tingkatkan Keterampilan Penyajian Data dan Informasi

  • 19 November 2019, 12:42 WIB
  • /
  • Dilihat 1413 kali

Bogor_Dalam rangka mengoptimalkan penderasan pemberitaan dan kegiatan penyampaian informasi melalui media sosial, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembuatan Infografis dan Video. Acara ini berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 18 November 2019 di IPB Convention Centre (ICC), Bogor.

Nasrullah, Sekretaris Ditjen PKH dalam sambutannya menyampaikan bahwa publikasi di media sosial sangat diperlukan untuk menyampaikan kepada masyarakat tentang kinerja yang sudah dicapai oleh pemerintah dalam memajukan dunia peternakan selama ini. Menurutnya, sesuai dengan arahan Menteri Pertanian SYL, persoalan peryempurnaan data merupakan prioritas utama di Kementan saat ini. Data di pertanian harus satu data dan valid, serta disajikan dengan lebih baik, efektif dan efisien sehingga mudah dibaca, dipahami dan juga diterima oleh masyarakat.

"Bukan hanya melalui media sosial, data dan informasi ini juga akan ditampilkan di Agriculture War Room (AWR) di Ditjen PKH yang akan segera beroperasi. Bimtek ini sangatlah tepat sebagai ajang peningkatan pengetahuan dan kapasitas bagi pegawai lingkup Ditjen PKH dalam mengelola dan membuat informasi yang disampaikan menjadi sebuah pemberitaan yang menarik dan mudah dipahami oleh publik" tambahnya.

Sementara itu, Shinta Puspita Kencanasari, salah satu trainer dari Tim Sora Learning yang mengisi pada acara pelatihan ini menyampaikan bahwa pentingnya infografis untuk media sosial maupun bahan tayang rapat yaitu untuk mempermudah penyampaian informasi kepada publik.

"Era saat ini sangat diperlukan adanya infografis yang menarik di dalam media sosial ataupun sebagai bahan tayang rapat. Output dari adanya pelatihan ini diharapkan para peserta dapat membuat infografis untuk mampu menjelaskan informasi rumit dengan tampilan yang menarik, bahasa yang ringkas, singkat serta padat, sehingga audience mampu memahami pesan dengan mudah dan cepat diingat" tutur Shinta.

Materi yang disampaikan dalam Bimtek ini antara lain yaitu (i) pengenalan infografis, (ii) design grafik dan infografis, (iii) optimasi tabel dan grafik, (iv) teknik animasi dan transisi menggunakan power point, (v) teknik fotografi, (vi) editing video menggunakan power point, dan (vii) teknik sinkronisasi video dan audio.

"Kami berharap dengan adanya pelatihan ini, Ditjen PKH dapat memiliki SDM-SDM yang menguasai semua materi sehingga dapat berkontribusi dalam memberikan informasi kepada publik melalui infografis yang dikemas secara menarik," ucap Nasrullah menutup sambutannya.

 

Narahubung : 
Ir. Nasrullah, M.Sc., Sekretaris Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No. 3 Gedung C Lantai 6 - 9, Ragunan
Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan
Provinsi Daerah Khusus Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset