• Beranda
  • Berita
  • DWP Kementan Ajak Kaum Wanita Untuk Terus Kembangkan Potensi Diri

DWP Kementan Ajak Kaum Wanita Untuk Terus Kembangkan Potensi Diri

  • 24 April 2024, 15:10 WIB
  • /
  • Dilihat 183 kali
  • /
  • humaspkh

Jakarta - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Pertanian menyelenggarakan Halal Bihalal Idul Fitri 1445 H serta memperingati Hari Kartini 2024 dengan tema "Semangat Kartini dalam meningkatkan peran perempuan untuk berkarya, mengabdi pada negeri dan bermatabat bagi keluarga" (24/4).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ibu Wakil Menteri Pertanian, Desy Harvick Hasnul Qolbi yang juga selaku Penasihat DWP Kementerian Pertanian.

Ia menyampaikan pentingnya kegiatan halal bihalal sebagai momentum untuk memperkuat tali persaudaraan serta keharmonisan antar sesama relasi.

"Melalui kegiatan halal bihalal seperti ini, banyak sekali manfaat yang bisa kita diperoleh antara lain dipanjangkan umurnya, dilancarkan rezekinya serta menyambung tali komunikasi dengan sesama yang hadir" ujarnya saat memberikan sambutan di Kantor Kementan Jakarta.

Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan halal bihalal kali ini bertepatan dengan peringatan Hari Kartini, yang setiap tahunnya diperingati pada tanggal 21 April.

Lebih lanjut, Ia mengungkapkan bahwa saat ini wanita juga memiliki peran penting untuk dapat berkontribusi membangun bangsa.

"Emansipasi wanita dan peran mereka dalam membangun bangsa adalah hal yang sangat penting dan terus berkembang. Upaya untuk mencapai kesetaraan gender dan pemberdayaan wanita harus dilanjutkan agar mereka dapat terus berkontribusi pada pembangunan bangsa dan menciptakan masyarakat yang lebih adil dan setara", imbuhnya.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan tausiyah oleh Ustadzah Qotrunnada Syathiry. Beliau menyampaikan bahwa halal bihalal merupakan tradisi bangsa Indonesia yang dilakukan setelah Ramadan, dimana masyarakat berkumpul untuk saling meminta maaf dan mempererat silaturahmi. Makna halal bihalal sendiri mencerminkan upaya rekonsiliasi dan memaafkan kesalahan masa lalu, sekaligus memperkuat ikatan komunitas.

Ia menyampaikan peran strategis seorang wanita di dalam kehidupan sehari-hari. Wanita memiliki 3 (tiga) peran penting yakni sebagai istri, ibu dan sebagai seorang anak dari kedua orangtuanya.

"Perempuan memiliki peran sebagai pendidik bagi anak-anaknya, dan dari perempuanlah akan terlahir anak-anak yang berakhlak dan berkarakter" ujarnya

Ia juga menyampaikan bahwa saat ini wanita mampu mengerjakan berbagai hal dalam waktu yang bersamaan.

"Menjadi wanita itu sangatlah hebat. Ia mampu memasak, mengasuh anak dan bahkan menerima telepon di waktu yang bersamaan. Itulah hebat kaum wanita" pungkasnya

Kegiatan Halal Bihalal pun juga dimeriahkan oleh Fashion Show Busana Kebaya Kreasi Bebas yang diikuti oleh para istri Eselon II lingkup Kementerian Pertanian.

Ditjen PKH berhasil meraih juara II pada lomba tersebut, yang diwakili oleh Lina Suganda, istri Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak, Agung Suganda

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No. 3 Gedung C Lantai 6 - 9, Ragunan
Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan
Provinsi Daerah Khusus Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset