• Beranda
  • Artikel
  • Kuning Telur Bikin Gemuk dan Tinggi Kolesterol Adalah Mitos

Kuning Telur Bikin Gemuk dan Tinggi Kolesterol Adalah Mitos

  • 13 Juni 2016, 14:46 WIB
  • /
  • Dilihat 6921 kali

Kuning telur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bagian dari telur yang kurang diminati karena dianggap merugikan tubuh memiliki sejumlah nutrisi penting untuk tubuh. Dari omega-3, vitamin A, vitamin B, zat besi, sampai kalium semuanya ada di kuning telur.

Selama ini orang beranggapan kalau kuning telur mengandung kolesterol yang tinggi, yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung. Namun, dari sejumlah penelitian yang ada, kuning telur tidak langsung `bekerja` seperti itu bila dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Lagi pula, menyantap kuning telur tidak dilakukan setiap hari, `kan?

Ahli Gizi Klinis dari Mumbai, Dr Neelanjana Singh mengatakan, kuning telur juga mengandung zat besi dan lemak baik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Telur, jelas Neelanjana, merupakan makanan kaya protein dengan kualitas yang sangat baik dan tidak meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

"Mengonsumsi satu telur dalam sehari adalah penting. Apalagi banyak dari kita yang kekurangan protein," kata dia dikutip Times of India, Sabtu (27/6/2015). Bahkan, orang-orang yang memiliki masalah dengan kolesterol tinggi masih bisa mengonsumsi telur secara utuh lima hari seminggu.

Ahli Gizi terkenal Dr Mansi Chatrath juga mengatakan, kuning telur dapat membuat orang jadi gemuk adalah mitos. Menurut dia, kunci untuk menurunkan berat badan adalah moderasi, bukan eliminasi.

Jika berat badan adalah tujuannya, maka makanan yang mengandung gula, gorengan, dan kebiasaan minum alkohol dan merokok harus dihilangkan dari gaya hidup seseorang.

 

Sumber : https://health.liputan6.com/read/2259960/kuning-telur-bikin-gemuk-dan-tinggi-kolesterol-adalah-mitos

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No. 3 Gedung C Lantai 6 - 9, Ragunan
Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan
Provinsi Daerah Khusus Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset