• Beranda
  • Berita
  • Mentan Sambangi Ditjen PKH, Cek dan Pastikan Data Lahan untuk Penambahan Sapi

Mentan Sambangi Ditjen PKH, Cek dan Pastikan Data Lahan untuk Penambahan Sapi

  • 14 Agustus 2024, 17:02 WIB
  • /
  • Dilihat 70 kali
  • /
  • humaspkh

Jakarta - Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman menyambangi Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) guna memantau perkembangan data ketersediaan lahan untuk mendukung rencana penambahan populasi sapi perah dan sapi potong di Indonesia.

Dalam arahannya, Mentan Amran menekankan pentingnya ketersediaan lahan yang memadai sebagai faktor kunci keberhasilan program tersebut. "Identifikasi lahan yang tersedia beserta potensinya. Selain itu, cek juga infrastruktur yang ada, seperti jalan dan pelabuhan," ujarnya di Jakarta, Rabu (14/8).

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Agung Suganda, melaporkan bahwa pengumpulan data lahan terus dilakukan, baik di daratan maupun pulau-pulau. Per 14 Agustus 2024, sebanyak 809.191 hektar lahan potensial telah berhasil diidentifikasi, tersebar di 32 provinsi, 160 kabupaten/kota, dan 430 kecamatan. Lahan-lahan tersebut nantinya akan disampaikan kepada para calon investor yang berminat memasukkan sapi perah maupun sapi potong. Jika cocok, proses ini akan dilanjutkan ke tahap selanjutnya.

"Kami akan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah serta para pemangku kepentingan lainnya untuk memastikan bahwa ketersediaan lahan bagi peternakan sapi dapat terus ditingkatkan. Harapannya, ini akan memberikan dampak positif terhadap peningkatan produksi susu dan daging nasional," ujar Agung.

Menurut Agung, kunjungan Mentan Amran menunjukkan komitmen kuat Kementerian Pertanian dalam mendukung subsektor peternakan, yang diharapkan dapat berkontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional serta kesejahteraan peternak di seluruh Indonesia.

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No. 3 Gedung C Lantai 6 - 9, Ragunan
Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan
Provinsi Daerah Khusus Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset