• Beranda
  • Berita
  • Mentan Amran Dorong Peningkatan Produksi Daging dan Hilirisasi Melalui Kerjasama dengan Pengusaha

Mentan Amran Dorong Peningkatan Produksi Daging dan Hilirisasi Melalui Kerjasama dengan Pengusaha

  • 26 Agustus 2024, 07:38 WIB
  • /
  • Dilihat 81 kali
  • /
  • humaspkh

Jakarta - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengungkapkan rencana strategis untuk meningkatkan produksi daging di Indonesia serta memperkuat proses hilirisasi, dengan menggandeng para pengusaha besar sebagai mitra. Langkah ini sebagai persiapan untuk mendukung program makan bergizi gratis yang akan diluncurkan oleh Presiden terpilih, Prabowo Subianto.

"Kami berkomitmen untuk mendukung program makan bergizi gratis. Salah satunya adalah dengan meningkatkan produksi daging serta proses pengolahannya yang akan kita siapkan melalui kerjasama dengan offtaker yang ada," ujar Amran usai menghadiri Rapat Kerja bersama Komisi IV DPR RI, Senin (26/8) di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta.

Hilirisasi merupakan proses pengolahan daging dari tahap produksi hingga ke konsumen, yang akan ditingkatkan melalui dukungan dari para pengusaha besar. Langkah ini bertujuan untuk memastikan ketersediaan daging berkualitas tinggi dan memenuhi standar yang ditetapkan.

Selain itu, Amran juga menyampaikan harapan agar anggaran untuk Kementerian Pertanian dapat ditambah sebesar 68 triliun guna mendukung berbagai upaya yang dilakukan.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Kementerian Pertanian, Agung Suganda, menyampaikan bahwa peningkatan produksi dan hilirisasi daging adalah langkah penting dalam mendukung ketahanan pangan nasional.

“Meningkatkan kapasitas produksi daging dan memastikan proses hilirisasi yang efisien adalah kunci untuk mencapai swasembada pangan. Kerjasama dengan pengusaha besar sangat penting untuk mewujudkan tujuan ini," kata Agung usai mendampingi Mentan Amran menghadiri Rapat kerja Komisi IV DPR RI.

Agung menjelaskan bahwa saat ini telah ada 50 pelaku usaha yang berkomitmen untuk mengembangkan sapi potong dan 47 pelaku usaha lainnya akan mengembangkan sapi perah. Agung berharap dengan semakin banyaknya pelaku usaha yang terlibat, maka populasi ternak akan terus bertambah sehingga produksi daging dan susu meningkat.

Agung juga menggarisbawahi perlunya dukungan anggaran yang memadai untuk mendukung program-program strategis di subsektor peternakan.

“Usulan tambahan anggaran yang diusulkan oleh Menteri Pertanian sangat penting. Ini akan memperkuat upaya Kementerian Pertanian dalam meningkatkan populasi dan produktivitas ternak," imbuhnya.

Kementerian Pertanian melalui Ditjen PKH akan terus bekerja sama dengan pengusaha dan lembaga terkait untuk mewujudkan produksi daging dan susu yang memadai dan berkualitas tinggi, serta memastikan proses hilirisasi yang efisien dan terkoordinasi dengan baik.

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No. 3 Gedung C Lantai 6 - 9, Ragunan
Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan
Provinsi Daerah Khusus Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset