• Beranda
  • Berita
  • Kementan Meriahkan Kontes Ternak Piala Gubernur DIY 2024

Kementan Meriahkan Kontes Ternak Piala Gubernur DIY 2024

  • 01 September 2024, 17:28 WIB
  • /
  • Dilihat 12 kali
  • /
  • humaspkh

Kulon Progo (1/9) – Kontes Ternak Piala Gubernur 2024 yang diselenggarakan di Jogja Agro Park, Kulon Progo, Yogyakarta, berlangsung dengan meriah dan sukses. Acara yang merupakan salah satu bentuk perhatian Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta didukung oleh Kementerian Pertanian ini menjadi ajang bergengsi bagi para peternak dari seluruh Indonesia untuk menampilkan ternak terbaik mereka.

Dalam sambutan Gubernur D.I. Yogyakarta yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Istimewa Yogyakarta, Beny Suharsono menekankan pentingnya kontes ini dalam memajukan usaha peternakan lokal.

"Kontes Ternak Piala Gubernur adalah wujud nyata kepedulian kita terhadap kelestarian ternak lokal. Melalui acara ini, kita tidak hanya menghargai hasil kerja keras peternak, tetapi juga memupuk semangat gotong royong dalam menjaga dan mengembangkan potensi genetik kambing dan domba di Yogyakarta," ujar Beny.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Kementerian Pertanian, Agung Suganda menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan kontes ini yang dinilai sebagai salah satu upaya konkret dalam menjaga dan mengembangkan keberagaman genetik ternak asli Indonesia, khususnya Kambing Peranakan Etawa (PE) Kaligesing, Domba Lokal, dan Kambing Perah.

“Kontes ini bukan hanya ajang perlombaan, tetapi juga sarana bagi para peternak untuk meningkatkan kualitas ternaknya melalui seleksi dan perbaikan genetik. Semoga kita bisa kembali ekspor sehingga komoditas kambing dan domba kita menjadi lebih menarik lagi.,” kata Agung saat memberikan sambutan.

Selain memperebutkan trofi dan hadiah uang tunai, tahun ini para peserta juga memperebutkan Piala Dirjen PKH yang terdiri dari Kelas Kambing PE, Kelas Kambing Perah, dan Kelas Domba. Dalam momen yang sangat dinantikan oleh para peserta, Agung menyerahkan secara langsung Piala Dirjen PKH kepada para juara, menandai prestasi puncak dari para peternak yang telah bekerja keras menampilkan ternak terbaik mereka.

Pada kesempatan tersebut, Agung juga memberikan secara simbolis Bantuan Kementerian Pertanian berupa vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sebanyak 101.640 dosis beserta obat dan vitamin dengan total bantuan mencapai 2,6 miliar rupiah. Bantuan ini merupakan bagian dari upaya Kementerian Pertanian dalam pengendalian PMK di Provinsi D.I. Yogyakarta. Dirjen PKH juga melakukan kegiatan vaksinasi PMK di lokasi acara, sebagai bentuk komitmen kuat dalam menjaga kesehatan dan keberlanjutan ternak di wilayah ini.

Piala Gubernur 2024 juga menjadi ajang bagi para pelaku usaha dan peternak untuk membangun jaringan kerjasama agribisnis yang lebih solid. Dengan tema “Obor Semangat bagi Kemajuan Peternakan Rakyat,” acara ini diharapkan dapat menjadi titik tolak kemajuan peternakan, khususnya di Yogyakarta dan sekitarnya.

Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi DIY, R. Heri Sulistio Hermawan menyampaikan bahwa acara ini menjadi salah satu pilar penting dalam menjaga keberlanjutan peternakan di DIY. "Kami berharap para peternak dapat terus termotivasi untuk meningkatkan kualitas ternaknya dan bersama-sama membawa peternakan DIY ke level yang lebih tinggi," ujar Heri.

Kontes Ternak Piala Gubernur 2024 diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai daerah, menampilkan 600 ekor Kambing PE Kaligesing, 300 ekor Domba Seni Lokal, dan 40 ekor Kambing Perah dalam berbagai kelas kompetisi.

Dengan dukungan penuh dari Pemerintah Daerah DIY dan Kementerian Pertanian, kontes ini diharapkan dapat terus menjadi agenda rutin yang memberikan manfaat besar bagi kemajuan peternakan di Indonesia.

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No. 3 Gedung C Lantai 6 - 9, Ragunan
Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan
Provinsi Daerah Khusus Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset