Pemanfaatan Jagung Lokal Oleh Industri Pakan Tahun 2020

  • 09 Oktober 2021, 12:22 WIB
  • /
  • Dilihat 1283 kali

Pangan hewani asal unggas ras saat ini telah menjadi pilihan utama konsumsi protein hewani masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan harga komoditas daging dan telur unggas ras relatif terjangkau dan kemudahan untuk mendapatkannya. Peningkatan permintaan atas jenis pangan ini mendorong peningkatan penyediaan pakan yang merupakan komponen utama dalam biaya produksi peternakan.

Dalam memproduksi pakan unggas ras, komponen biaya pakan berkontribusi lebih dari 80% dari biaya produksi. Bahhn pakan utama penyusun ransum pakan unggas adalah jagung. Dengan demikian dinamika harga dan ketersediaan jagung akan sangat menentukan harga pakan dan selanjutnya biaya produksi unggaS ras. Industri pakan merupakan salah satu pengguna jagung domestik terbesar. Penggunaan jagung sebagai sumber energi dalam pakan memiliki peran penting karena menghasilkan kinerja ayam ras yang baik serta produk daging dan telur yang disukai konsumen.

Pemerintah telah berkomitmen untuk mengoptimalkan penyerapan jagang lokal oleh industri pakan. Dalam rangka memantau penyerapan, ketersediaan dan harga jagung di tingkat industri pakan, Direktorat Pakan sejak tahun 2019 telah membangun sistem pelaporan online penyerapan jagung oleh industri pakan. Data yang telah diperoleh selama tahun 2020 kemudian diolah serta disajikan dalam buku ini. Semoga data dan analisis yang tersaji pada buku ini dapat memberikan manfaat bagi pemangku kepentingan terkait untuk mendukung penyediaan protein hewani berbasis unggas ras.

 

Pemanfaatan Jagung Lokal oleh Industri Pakan Tahun 2020 dapat diunduh disini

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No.3
Gedung C Lt 6 - 9, Ragunan, Kec. Pasar Minggu,
Kota Jakarta Selatan, Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset