RI Akan Impor Bibit Sapi Unggul dari Spanyol

  • 25 September 2015, 10:39 WIB
  • /
  • Dilihat 2257 kali

Akhir pekan lalu Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengumpulkan 20 calon investor peternakan sapi di Kantor Kementerian Pertanian. Salah satu calon investor adalah perusahaan joint venture Indonesia dan Spanyol.

Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Investasi, Syukur Iwantoro mengungkapkan, bahwa perusahaan patungan Indonesia-Spanyol ini berencana mendatangkan semen beku (sperma yang diawetkan) dari sapi unggulan Spanyol, yaitu Sapi Galician Blond.

"Ada semen beku sapi unggul Galician Blond mau didatangkan dari Spanyol, mau diujicobakan dulu di Indonesia," kata Syukur dihubungi detikFinance di Jakarta, Rabu (23/9/2015).

Dia menuturkan, semen beku sapi unggulan Spanyol tersebut akan digunakan untuk persilangan dengan sapi lokal dari Indonesia. Jika hasil persilangannya bagus, semen beku Sapi Galician Blond akan didatangkan dalam jumlah lebih banyak untuk dikembangbiakan di Indonesia. "Mau diujicobakan dulu, dikawinkan dengan sapi lokal," ujarnya.

Saat ini calon investor telah mengajukan ‎surat untuk harmonisasi protokol kesehatan hewan antara Indonesia dan Spanyol. "Ini pertama kalinya kita datangkan semen beku sapi dari Spanyol, jadi perlu harmonisasi dulu," kata Syukur.

Harmonisasi protokol kesehatan hewan ini, sambungnya, bisa diproses dengan cepat karena Spanyol termasuk negara yang sudah bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK) sapi. Setelah harmonisasi protokol selesai, semen beku bisa segera masuk ke Indonesia. "Jadi tidak ada masalah," ucapnya.

 

Sumber : https://finance.detik.com/read/2015/09/23/172007/3027025/4/ri-akan-impor-bibit-sapi-unggul-dari-spanyol

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No. 3 Gedung C Lantai 6 - 9, Ragunan
Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan
Provinsi Daerah Khusus Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset