• Beranda
  • Berita
  • Rencana Kerjasama Bidang Peternakan Indonesia-Bangladesh Segera Direalisasikan

Rencana Kerjasama Bidang Peternakan Indonesia-Bangladesh Segera Direalisasikan

  • 22 November 2019, 07:46 WIB
  • /
  • Dilihat 1432 kali

Bogor_Delegasi dari Kementerian Perikanan dan Peternakan Bangladesh kembali menegaskan keinginannya untuk dapat melakukan kerjasama bidang peternakan antara Bangladesh dan Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Joint Secretary Ministry of Fisheries and Livestock Bangladesh, Ashim Kumar Bala ketika mengunjungi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Peternalan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) yakni Balai Embrio Ternak (BET) Cipelang pada hari Kamis 21 Nopember 2019. Delegasi ini merupakan kelompok yang ketiga dari empat kelompok yang berkunjung ke beberapa instansi bidang peternakan milik pemerintah dan juga swasta. 

“Saya mendengar cerita dari rekan saya yang sebelumnya sudah berkunjung ke sini, dan memang sepertinya kami bisa memanfaatkan teknologi embrio transfer ini untuk meningkatkan populasi sapi di negara kami. Oleh karena itu kami mengharapkan kerjasama yang lebih intens dengan Indonesia”, lanjutnya. Menurut Ashim, pihaknya akan segera menindaklanjuti kerjasama bidang peternakan dengan membuat MoU antara Indonesia-Bangladesh.

Lebih lanjut, Dirjen PKH, I Ketut Diarmita mengatakan bahwa ia menyambut baik rencana kerjasama tersebut. “Kita mendukung keinginan untuk segera merealisasikan kerjasama ini. Mereka tertarik untuk mendapatkan embrio ternak dari Indonesia, dan pendampingan tenaga ahli kita ke Bangladesh”, ungkapnya.

Menurut Ketut, Delegasi Bangladesh sangat tertarik dengan program pengembangan peternakan di Indonesia, khususnya pengembangan transfer embrio serta Inseminasi Buatan dalam Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Buntung (Upsus Siwab).

Sementara itu Kepala BET Cipelang, Oloan Parlindungan menyampaikan bahwa kunjungan Delegasi Bangladesh ini semakin memperat hubungan kerjasama dibidang peternakan, khususnya transfer embrio. Salah satu yang membuat mereka tertarik adalah kemampuan teknologi embrio transfer di BET Cipelang yang mampu menghasilkan 20-30 embrio pertahun dari 1 sapi donor. "Hal ini merupakan keunggulan yang bisa didapat melalui embrio transfer dibanding dengan inseminasi buatan" jelasnya. 

Lebih lanjut, Ashim menyampaikan bahwa kondisi perekonomian di Bangladesh sangat tergantung pada pertanian dan peternakan. Peternakan adalah alat utama pengurangan kemiskinan dan pemberdayaan perempuan, sehingga pemerintah Bangladesh terus berusaha untuk meningkatkan hasil peternakannya, salah satunya dengan belajar ke negara-negara yang dinilai mempunyai teknologi peternakan yang lebih berkembang dibanding Bangladesh.

Menurut Ashim, Bangladesh tertarik untuk mendapatkan embrio ternak dari jenis sapi Brahman, Ongole, Limousine atau bahkan jenis sapi Madura dan Bali. Jenis-jenis sapi itu mirip dengan jenis sapi yang ada di Bangladesh sehingga kemungkinan besar dapat berhasil. Hal tersebut diamini oleh Oloan yang menjelaskan bahwa untuk realisasi hal tersebut, Bangladesh harus menunggu Peraturan Pemerintah tentang tariff Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang masih dibahas.

Kunjungan delegasi Bangladesh kali ini merupakan kunjungan kelompok ketiga dan masih merupakan rangkaian dari kegiatan Livestock & Dairy Development Project (LDDP), suatu program peningkatan kapasitas dari pemerintah Bangladesh yang didanai oleh Bank Dunia. Sebelumnya, kelompok pertama sudah melakukan kunjungan ke BET Cipelang pada tanggal 3 Oktober dan kelompok kedua pada tanggal 21 Oktober. Direncanakan ada satu kelompok lagi yang akan berkunjung ke Indonesia pada pertengahan Desember nanti.

 

Narahubung:
Ir. Sugiono, MP., Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak, Ditjen PKH, Kementan.

Drh. Oloan Parlindungan, MP., Kepala Balai Embrio Transfer (BET) Cipelang, Ditjen PKH, Kementan.

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No.3
Gedung C Lt 6 - 9, Ragunan, Kec. Pasar Minggu,
Kota Jakarta Selatan, Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset