• Beranda
  • Berita
  • Daging Sapi Kini Mengandung Omega 3 yang Lebih Enak dan Empuk

Daging Sapi Kini Mengandung Omega 3 yang Lebih Enak dan Empuk

  • 15 Oktober 2015, 13:46 WIB
  • /
  • Dilihat 4012 kali

Selain salmon dan kacang-kacangan, daging kini bisa menjadi sumber omega 3. Produk olahan daging ini juga lebih disukai karena lebih enak dan empuk.

Omega 3 adalah asam lemak esensial yang didapat dari konsumsi makanan tertentu seperti salmon dan kacang-kacangan. Omega 3 punya banyak manfaat kesehatan diantaranya meningkatkan daya konsentrasi, mencegah penyakit jantung dan stroke, serta melindungi tubuh dari kanker.

Pentingnya omega 3 bagi tubuh menginspirasi para peneliti untuk menciptakan sumber omega 3 lebih beragam, salah satunya daging. Dikabarkan Associated Press (12/10), para peneliti di Kansas State University mengeksplorasi metode pemberian pakan ternak sapi dengan flaxseed dan ganggang laut, seperti layaknya pakan salmon.

Sementara itu, di Texas telah dijual produk daging sapi yang difortifikasi asam lemak omega 3 jenis alpha-linolenic acid (ALA). Asam lemak ini banyak ditemukan pada minyak sayur, kacang-kacangan, dan flaxseed.

GreatO Premium Foods, perusahaan yang berbasis di Manhattan, Texas mulai menjual daging sapi dengan fortifikasi asam lemak omega 3 pada awal tahun ini. Peminat produk ini rupanya cukup banyak, terbukti dari angka penjualan yang naik 4 kali lipat dalam 7 bulan terakhir.

GreatO juga memasarkan produknya pada pemasok steak di beberapa restoran di Iowa. Salah seorang pemilik restoran, Suman Hoque mengatakan daging sapi yang difortifikasi omega 3 punya lebih banyak sebaran lemak (marbling). Teksturnya juga lebih empuk dan rasanya lebih enak.

“Pengunjung restoran saya menyukainya. Saya menjual lebih banyak steak setelah menggunakan daging sapi omega 3 sebagai bahan baku.” Hoque mengaku dalam sehari ia bisa menjual 200 porsi steak. Ia juga membeli satu setengah kali lebih banyak daging sapi omega 3 pada tahun ini.

 

Sumber : https://food.detik.com/read/2015/10/12/180255/3042609/900/daging-sapi-kini-mengandung-omega-3-yang-lebih-enak-dan-empuk

 

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No. 3 Gedung C Lantai 6 - 9, Ragunan
Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan
Provinsi Daerah Khusus Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset