• Beranda
  • Berita
  • Dirjen PKH Apresiasi PT. KPC Kembangkan Peternakan Di Lahan Eks Tambang

Dirjen PKH Apresiasi PT. KPC Kembangkan Peternakan Di Lahan Eks Tambang

  • 27 Februari 2017, 06:46 WIB
  • /
  • Dilihat 2131 kali

Kutai Timur_(23/2/2017), Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Kementerian Pertanian (Kementan) Drh. I Ketut Diarmita, MP memberikan apresiasi terhadap perusahaan tambang PT. Kaltim Prima Coal (KPC) yang telah memanfaatkan lahan bekas (eks) tambang menjadi sebuah Peternakan Sapi Terpadu (PESAT). Hal tersebut disampaikan pada saat kunjungan kerja ke Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pada Kamis tanggal 23 Februari 2017.

“Saat ini pemerintah terus mendorong percepatan peningkatan produksi sapi potong seperti yang dilakukan di Kaltim, salah satunya dengan mengajak peran swasta “ kata I Ketut Diarmita pada saat meninjau langsung peternakan sapi Bali yang dikelola oleh PT. KPC di area tambang. “Usaha pembibitan sapi Bali juga menjadi perhatian karena hewan ruminansia tersebut merupakan kekayaan atau sumber daya genetik ternak ruminansia yang menjadi icon sapi Indonesia”, ungkapnya.

I Ketut Diarmita menilai, Kaltim saat ini masih kekurangan sapi, sehingga harus memasok dari daerah lain seperti Sulawesi Selatan. Untuk itu, Dirjen PKH ini menyarankan agar program pengembangan sapi di lahan eks tambang ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan populasi sapi di Kaltim, sehingga kebutuhan daging sapi di Kaltim tidak lagi mengandalkan dari daerah lain. “Sudah saatnya Provinsi Kaltim ini mempercepat produksi 2 juta ekor sapi, baik yang dilakukan oleh pemerintah, swasta maupun peternak rakyat’ himbaunya.

Lebih lanjut Dirjen PKH menambahkan kedepannya harus dipikirkan bagaimana mewujudkan provinsi ini agar dapat swasembada dan melakukan ekspor baik dalam bentuk daging maupun daging olahan. “Untuk itu, Pemda bisa menggandeng perusahaan-perusahaan setempat atau investor dari daerah lain. Salah satunya dengan memanfaatkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan-perusahaan tambang yang nilainya cukup besar”, kata I Ketut Diarmita.

I Ketut Diarmita mengatakan, pemerintah pusat ingin melihat populasi ternak, khususnya sapi bisa berkembang cepat. “saya keliling ke berbagai daerah di Indonesia, ingin agar populasi ternak di negeri ini dapat berkembang dengan cepat,” ujarnya.

Lebih lanjut Dirjen PKH menyampaikan, Pemerintah saat ini telah mencanangkan Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab) yang berorientasi pada pencapaian swasembada protein hewani. “Pemerintah berkomitmen untuk mewujudkan kebuntingan 3 juta ekor sapi pada tahun 2017, sehingga suatu saat nanti Indonesia bisa mengekspor daging ke luar negeri sebab Indonesia memiliki semua potensi untuk menjadi negara pengekspor daging”, ungkap I Ketut Diarmita.“Untuk keberhasilan Upsus Siwab ini, saya berharap semua pihak baik pemerintah pusat, daerah, swasta dan peternak bergerak semua ikut mensukseskannya,” himbaunya.

Pada saat kunjungan tersebut Dirjen PKH memberikan contoh kepada peternak bagaimana cara melakukan palpasi rektal (memeriksa kebuntingan) yang benar. Jabatan tidak menghalangi beliau untuk beraksi dan menunjukkan keahliannya dalam  melakukan pemeriksaan kebuntingan pada ternak sapi. Pemeriksaan Kebuntingan melalui palpasi rektal merupakan cara pemeriksaan yang sederhana, namun membutuhkan ketrampilan dan latihan yang intensif sehingga mampu mendiagnosa kebuntingan, sekaligus menentukan umur kebuntingan, mengetahui posisi fetus dan memprediksikan kelahiran.

Dengan demikian maka dapat di prediksikan kondisi kebuntingan sapi, sekaligus dapat mencegah kondisi gangguan reproduksi maupun gangguan kelahiran pada sapi saat melahirkan.

Dadang Sudarya (Kepala Dinas Peternakan Provinsi Kaltim) yang turut mendampingi kunjungan kerja Dirjen PKH mengatakan, saat ini Pemerintah Daerah Provinsi Kaltim telah siap melaksanakan Upsus Siwab, serta menyiapkan pengembangan sapi di lahan eks tambang dan perkebunan sawit. “Ini sudah menjadi program Gubernur Kaltim agar memanfaatkan lahan bekas eks tambang dan integrasi sawit dengan sapi,” ungkap Dadang.

Imanuel Manege (GM Health Safety Environment and Security PT. KPC) menyampaikan, program peternakan di lahan eks tambang telah melalui proses penelitian dan serangkaian ujicoba. “Penelitian mengenai kandungan daging sapi di lahan eks tambang dimulai sejak tahun 2004, dan ternyata hasilnya aman untuk dikonsumsi.  Selain itu, secara ekonomis juga bagus, dari situ kami kembangkan dan sekarang sudah mulai kelihatan hasilnya,” ungkap Imanuel.

Selain meninjau lokasi Peternakan Sapi Terpadu (PESAT), Dirjen PKH juga menyempatkan meninjau langsung peternakan ayam kampung di Bengalon yang saat ini sudah mulai hidup kembali. Peternakan ayam kampung ini sebelumnya pernah menjadi juara pertama tingkat nasional, namun karena adanya larangan memasukkan ayam dari luar Kaltim pada tahun lalu, peternakan ini sempat mengalami kekosongan.

Irawansyah (Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Timur) menyatakan pada prinsipnya Pemkab Kutai Timur menyambut baik dan mengapresiasi perhatian pusat terhadap pengembangan potensi daerah. “Secara umum, Pemkab Kutai Timur akan terus memberikan dukungan kepada masyarakat dan stakeholder dalam pengembangan potensi di segala sektor, khususnya pertanian dalam arti luas, yakni perkebunan, tanaman pangan, perikanan dan kelautan, kehutanan, serta peternakan” ungkap Irawansyah. “Ini semua, tentunya guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus mendukung program ketahanan pangan pemerintah”, tutupnya.

 

 

Contact Person:

Yuliana Susanti, SPt, MSi (Humas Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan)

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No.3
Gedung C Lt 6 - 9, Ragunan, Kec. Pasar Minggu,
Kota Jakarta Selatan, Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset