• Beranda
  • Berita
  • Komisi Pakan Kementan Dukung Kebijakan Pengembangan Pakan Ternak Indonesia

Komisi Pakan Kementan Dukung Kebijakan Pengembangan Pakan Ternak Indonesia

  • 05 Desember 2019, 11:48 WIB
  • /
  • Dilihat 2361 kali

Depok_ Dalam menanggapi dan menyelesaikan isu-isu yang terkait pakan ternak yang dinamis, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH), Kementerian Pertanian terus melakukan koordinasi dengan stakeholders terkait dengan melibatkan Komisi Pakan. Hal tersebut dikatakan Direktur Pakan, Ditjen PKH, Sri Widayati dalam pertemuan Komisi Pakan (KOMPAK) II Tahun 2019 yang berlangsung selama 3 hari di Hotel Margo Depok yang dimulai pada hari Rabu, 4 Desember 2019.

Menurutnya, pakan ternak merupakan komponen terbesar dalam struktur biaya produksi peternakan. Tingkat efisiensi dan daya saing sektor peternakan salah satunya ditentukan dari bagaimana pakan diproduksi dan digunakan secara efisien dengan tetap memperhatikan aspek mutu dan keamanannya.
Perkembangan kemajuan teknologi di bidang pakan serta isu-isu penting yang mengikutinya, perlu diantisipasi sedini mungkin, dan diterapkan di sektor peternakan di Indonesia.

"Dari perspektif inilah peran dan fungsi Komisi Pakan menjadi vital dalam memberikan saran, masukan dan pertimbangan teknis" ujar Widayati.

Komisi Pakan ini, lanjut Widayati, beranggotakan pakar dari kalangan akademisi dan peneliti, keanggotaannya ditetapkan melalui Keputusan Menteri Pertanian No.308/Kpts/OT.050/ 5/2016 tanggal 11 Mei 2016 dan keanggotaannya akan segera berakhir pada Desember 2019. Komisi ini dibentuk untuk memberikan saran, pemikiran, pertimbangan, dan rekomendasi bagi kemajuan pembangunan peternakan dan kesehatan hewan melalui kontribusi dan peran nyata bidang pakan.

“Melalui pertemuan Komisi Pakan II Tahun 2019 saya berharap berbagai isu penting yang berkembang dapat segera diberi masukan dan saran untuk diformulasikan dalam penyusunan program dan kebijakan” tuturnya. 

Widayati kemudian menyampaikan bahwa dalam pertemuan Komisi Pakan (KOMPAK) II Tahun 2019 ini, ada beberapa isu penting terkait dengan pakan yang diidentifikasi antara lain terkait utilisasi penggunaan bungkil inti sawit (BIS) di dalam negeri yang potensial sebagai bahan pakan unggas dan sapi serta implementasi integrasi sapi-sawit yang dipandang masih lambat.

Rekomendasi KOMPAK

Untuk meningkatkan utilisasi dan daya serap pasar domestik BIS sebagai bahan pakan ternak (unggas dan sapi), dari pertemuan ini para ahli pakan merekomendasikan adanya pilot project dan sosialisasi lebih intensif BIS kepada produsen, pengguna dan stakeholders.

KOMPAK juga merekomendasikan 
pembuatan pilot project sumber benih hijauan pakan ternak di lahan rawa dan pengembangan Silvopastura. Adapun untuk pengembangan Rumput Kumpai, para ahli merekomendasikan adanya kerjasama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) untuk produksi dan sumber benih.

Sementara itu, terkait langkah konkrit yang perlu dilaksanakan untuk memacu investasi usaha integrasi sawit sapi, menurut Widayati, KOMPAK merekomendasikan penyusunan dan advoksi konsep komprehensif tentang integrasi sawit sapi dari aspek bisnis, operasional, dan kelembagaan usaha (termasuk kemitraan), serta memfasilitasi pertemuan tingkat tinggi (sawit sapi summit) untuk level manajemen puncak perusahaan sawit dalam rangka membangun komitmen bersama dalam pengembangan integrasi sawit sapi.

"Kita juga akan coba fasilitasi penyelenggaraan workshop teknis dan bisnis bagi para middle management perusahan sawit dengan narasumber dari Badan Litbang, Perguruan Tinggi, dan praktisi" jelasnya. 

Dalam kesempatan pertemuan KOMPAK terakhir ini, Widayati berharap agar sinergi antara pemerintah dengan kalangan akademisi dapat terus terbangun dan semakin erat untuk saling mendukung proses pembangunan peternakan dan kesehatan hewan. 

 

Narahubung: 
Ir. Sri Widayati, MMA
Direktur Pakan, Ditjen PKH Kementerian Pertanian

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No. 3 Gedung C Lantai 6 - 9, Ragunan
Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan
Provinsi Daerah Khusus Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset