• Beranda
  • Berita
  • Ditjen Peternakan dan Keswan Raih Anugerah Pandega Widyatama

Ditjen Peternakan dan Keswan Raih Anugerah Pandega Widyatama

  • 18 Agustus 2015, 14:58 WIB
  • /
  • Dilihat 1463 kali

Jakarta_ Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan menerima Anugerah Pandega Widyatama, yaitu anugerah iptek yang diberikan kepada unit Eselon I Pemerintah Pusat yang memanfaatkan hasil litbang dalam negeri. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dr. Ir. Muladno, MSA.

Penghargaan ini diberikan dalam rangkaian Acara Puncak Hari Kebangkitan Teknologi Nasional yang berlangsung tanggal 10 Agustus 2015 di Kolinlamil Tanjung Priok Jakarta Utara.  Acara dibuka oleh Menko Maritim dan dihadiri oleh Menristek-Dikti, MenPan-RB, Mantan Presiden RI ke-3 BJ Habibie dan para tamu undangan.

Tema Harteknas ke-20 adalah  Inovasi Iptek Untuk Daya Saing Bangsa. Peringatan Hakteknas ke-20 ini juga merupakan ajang penghargaan kepada para peneliti dan perekayasa yang sangat berprestasi dan produktif di bidang iptek. Selain itu juga memberikan penghargaan bagi para aktor Sistem Inovasi Nasional, yaitu untaian ABG, akademisi (academician, A, sebagai penghasil iptek), swasta (business, B, sebagai pengguna iptek) dan pemerintah (government, G, selaku penumbuh iklim inovasi). Para aktor inilah yang telah berprestasi luar biasa dalam memacu tumbuhnya inovasi. 

Menko Maritim, Indroyono Soesilo dalam sambutan dan arahannya menyampaikan beberapa hal penting terkait dukungan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam pembangunan bidang Pangan, Energi dan Kemaritiman. Beberapa langkah penting yang perlu diambil oleh pemerintah dalam mendukung pembangunan bidang pangan, energi dan kemaritiman yakni memastikan peningkatan kualitas sumberdaya manusia di berbagai bidang, mendorong hilirisasi dan komersialisasi hasil Litbang pada bidang pangan, energi dan kemaritiman untuk meningkatkan daya saing industri, memperkuat keamanan lautdengan mengupayakan beberapa galangan kapal nasional agar dapat membuat kapal-kapal patroli cepat, memperkuat fakultas teknik perkapalan yang ada. Penguasaan teknologi kunci di bidang kelautan seperti mengembangkan pusat-pusat penelitian kelautan untuk meneliti permasalahan-permasalahan nyata yang dihadapi oleh para pemangku kepentingan bidang kelautan. Selain itu  juga harus menguasai teknologi pengeboran minyak dan gas lepas pantai.

Selain Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Anugerah Pandega Widyatama juga diberikan kepada Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana Badan Nasional Pencegahan Bencana (Ir. Wisnu Widjaya, M.Sc) dan Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian (Ir. Banun Harpini, M.Sc).

 

 

Sumber : Padjarnain, Astri Wibawanti, Titik Triary W. Subbag Kerjasama dan Humas.Bagian Perencanaan.Ditjen PKH

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No. 3 Gedung C Lantai 6 - 9, Ragunan
Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan
Provinsi Daerah Khusus Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset