• Beranda
  • Berita
  • Ditjen PKH Kementan Dorong Penyediaan Bibit Ternak Berkualitas di BPTUHPT Sembawa

Ditjen PKH Kementan Dorong Penyediaan Bibit Ternak Berkualitas di BPTUHPT Sembawa

  • 26 Maret 2024, 13:40 WIB
  • /
  • Dilihat 167 kali
  • /
  • humaspkh

Banyuasin – Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan terus mengembangkan dan menyebarkan bibit ternak berkualitas. Salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang dimiliki yaitu Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTUHPT) Sembawa yang berlokasi di Kabulaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan.

“Peran BPTU HPT Sembawa sebagai UPT Perbibitan dan Pakan perlu diperkuat, salah satunya melalui pembinaan organisasi”, ujar Nasrullah, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan disela-sela kunjungan kerja pada Selasa (26/3)

Selama berada di Sembawa, Nasrullah didampingi Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak, Agung Suganda, secara langsung memantau perkembangan ternak. Nasrullah menekankan akan pentingnya mengurangi ketergantungan pada produk pangan asal hewan impor dengan memperkuat peternakan dalam negeri. Menurutnya, ini merupakan tanggung jawab bersama Ditjen PKH dan semua UPT peternakan dan Kesehatan Hewan yang ada.

"Potensi Sembawa untuk menyediakan bibit ternak berkualitas sudah cukup baik, namun perlu peningkatan karena tantangan pemenuhan pangan dari sumber ternak akan semakin meningkat," nilai Direktur Agung.

Sementara itu, Imron selaku Plt Kepala BPTU HPT Sembawa menjelaskan bahwa saat ini sedang mengembangkan dua komoditas ternak utama, yakni sapi Brahman dan PO (Peranakan Ongole), serta ayam lokal. Ia juga menyampaikan bahwa bibit ternaknya saat ini telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Selama kunjungan, Nasrullah juga menyempatkan diri berinteraksi dan berbuka puasa bersama dengan seluruh pegawai BPTU HPT Sembawa dalam suasana keakraban. Hal ini menunjukkan komitmen untuk terus meningkatkan kerja sama dan kolaborasi dalam hal penyediaan pangan.

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No. 3 Gedung C Lantai 6 - 9, Ragunan
Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan
Daerah Khusus Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset