• Beranda
  • Berita
  • Mentan Dorong Penguatan Peran Dharma Wanita Persatuan Pertanian

Mentan Dorong Penguatan Peran Dharma Wanita Persatuan Pertanian

  • 25 Desember 2021, 15:57 WIB
  • /
  • Dilihat 900 kali

Jakarta, Peran perempuan dalam pembangunan pertanian dinilai sangat penting dalam mendukung ketahanan pangan, lantaran perempuan dianggap dapat melakukan kegiatan untuk meningkatkan taraf ekonomi pertanian dan menjaga ketahanan pangan seperti dalam mengupayakan diversifikasi pangan dengan mengonsumsi pangan lokal sekaligus menyediakan pangan untuk konsumsi. Hal tersebut Ia sampaikan saat membuka acara pada HUT DWP ke-22 dan Peringatan Hari Ibu Tahun 2021 di  Auditorium Ged F Kementan (24/12).

Menurut Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan perempuan itu sangat kreatif  dalam mewujudkan pembangunan pertanian termasuk didalamnya peternakan.

"Perempuan Indonesia sangat berperan penting pada pemenuhan gizi dan kesehatan keluarga  karena di tangan seorang perempuan keputusan diambil dalam hal memilih bahan pangan, mengolah secara sehat, dan menentukan kebutuhan rumah tangga yang ramah lingkungan,” tegasnya.

Kegiatan membuat pangan sendiri dengan cara bertani ataupun beternak, mengeksplore, enterpreneur dengan cara bisnis UMKM baik secara online ataupun memanfaatkan lahan kosong di perkarangan rumah.

Oleh karena itu, diperlukan motivasi dan langkah strategis dalam  mengintegrasikan peran perempuan dalam setiap unsur pembangunan pertanian termasuk didalamnya sektor peternakan.

"Perempuan itu care, share dan fair, sehingga organisasi Dharma Wanita itu sangat penting sebagai supporting system di Kementeruan Pertanian" tutur SYL.

SYL juga mengapresiasi semua kegiatan yang telah dilakukan Dharma Wanita Persatuan dalam memperingati HUT tahun ini sekaligus  Hari Ibu.

"Dharma Wanita sebagai sandaran segala harapan dalam menggerakan roda organisasi dan pendekatan yang lebih elegan."terangnya. 

Ketua Dharma Wanita Persatuan Kementerian Pertanian,  Ibu Kasdi Subagyono mengatakan sudah melakukan Bakti Sosial ke masyarakat, kegiatan rutin membagikan beasiswa untuk pendidikan SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi, dan pada acara puncak hari ini diisi dengan Talk Show, lomba memasak, dan bazaar.

Ia pun menyebutkan semangat yang ingin disampaikan oleh  Dharma Wanita Persatuan Kementerian Pertanian tahun ini dimunculkan dalam  tema yakni “Membangun Ketahanan Perempuan Indonesia Melalui Pembinaan Kesehatan Mental dan Pemulihan Bisnis UMKM"

"Pengetahuan tentang bahan pangan sehat dan memenuhi kebutuhan gizi, serta cara mengolah dan kebutuhan rumah tangga yang ramah lingkungan menjadi kewajiban  untuk dimiliki setiap perempuan Indonesia" ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Nasrullah menyampaikan diperlukan motivasi dan langkah strategis dalam  mengintegrasikan gender dalam setiap unsur pembangunan pertanian termasuk didalamnya  peternakan.

 "Perempuan dalam sektor pertanian mendukung
kebutuhan rumah tangga yang ramah lingkungan,
" tandasnya.

Berdasarkan data Sakernas Februari 2020, Tenaga kerja di sub sektor peternakan sebanyak 4.297.474 orang atau  mencapai 12,28 persen.

Sedangkan jika dikelompokkan menurut jenis kelamin, tenaga kerja di sub sektor peternakan didominasi oleh tenaga kerja laki-laki sebanyak 2.558.323 orang atau sekitar 59,53 persen, sedangkan komposisi tenaga kerja perempuan sebanyak 1.739.151 orang  atau sekitar 40,47 persen. 

"Nilai Komposisi  menunjukan peran perempuan dalam sektor peternakan tentunya berkontribusi tinggi"
tuturnya.

Dalam memeriahkan acara tersebut, juga digelar lomba masak nasi goreng yang diikuti Menteri Pertanian dan Seluruh Eselon 1 Lingkup Kementerian Pertanian sebagai chef dengan juri penilai dari Ibu Dharma Wanita. Tujuan lomba untuk menciptakan kebersamaan, kekompakan, dan keceriaan sebagai keseruan dari rutinitas pekerjaan setiap hari yang tidak ada habisnya.

“Kami merasakan bagaimana pengalaman perempuan dalam mempersiapkan makanan untuk keluarga itu butuh seni tingkat tinggi." pungkasnya.

Narahubung:
Makmun
Sekretaris Ditjen PKH
Kementan RI

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No.3
Gedung C Lt 6 - 9, Ragunan, Kec. Pasar Minggu,
Kota Jakarta Selatan, Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset