• Beranda
  • Berita
  • Semen Beku Sexing Kunci Masa Depan Peningkatan Produktifitas Peternakan

Semen Beku Sexing Kunci Masa Depan Peningkatan Produktifitas Peternakan

  • 30 Oktober 2023, 18:47 WIB
  • /
  • Dilihat 320 kali
  • /
  • humaspkh

BBIB Singosari sebagai salah satu Unit pelaksana Teknis dibawah Direktorat Jenderal Peternakan dan kesehatan Hewan menyelenggarakan kegiatan Launching Buku Manual Pengembangan Semen Beku Sexing dan Aplikasi Pelaporan Inseminasi Buatan pada tanggal 30 Oktober 2023 dalam Acara Public Hearing seri 3 yang bertajuk, “Smart-Presisi-Kolaborasi”. Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara BBIB Singosari, Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya, BRIN, Dinas Peternakan di berbagai Daerah, dan Koperasi-Koperasi Sapi di beberapa daerah.

Kegiatan Launching Manual Book dan Aplikasi Pelaporan Hasil IB SiFoYa ini merupakan bagian upaya BBIB Singosari, untuk menyebarluaskan inovasi teknologi Inseminasi Buatan dalam rangka membantu peternak untuk meningkatkan untuk populasi dan produktivitas ternak Indonesia.

Dalam sambutannya Drh. Akbar, M.P. selaku Kepala BBIB Singosari menyampaikan "Semen Beku Sexing adalah masa depan dari peningkatan populasi dan produktifitas peternakan Indonesia. Dengan semen beku sexing maka hasil IB bisa lebih presisi sesuai kebutuhan Peternak."

Pada kesempatan yang sama, Prof. Trinil dari Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya menyampaikan," Kami sudah lama bekerjasama dengan BBIB Singosari terkait pengembangan semen beku sexing. Berdasarkan beberapa uji coba dilapangan bisa dilihat bahwa keberhasilan semen beku sexing BBIB Singosari bahkan bisa mencapai 80%. Tentu ini yang ditunggu masyarakat dan peternak Indonesia."
Program pengembangan semen beku sexing ini juga sangat ditunggu oleh pelaku usaha peternakan, Eva Marliyanti, Presiden Direktur KAN Jabung mengungkapkan," semen beku sexing ini merupakan kebutuhan bagi kami, terutama untuk menyiapkan betina betina produktif kami yang terdampak PMK. Semen beku sexing menjadi solusi bagi KAN Jabung untuk bisa meningkatkan populasi dan produktifitas secara mandiri. "

Program pengembangan semen beku sexing merupakan kerjasama antara BBIB Singosari dengan Akademisi dalam hal ini adalah Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya dalam hal pengembangan metode produksi semen beku sexing serta pendampingan teknis untuk meningkatkan keberhasilan di lapangan. Sedangkan untuk pelaksanaan uji coba hasil pengembangan metode produksi semen beku sexing, maka BBIB Singosari bekerjasama dengan beberapa KUD yang telah terpilih di wilayah Malang untuk mengetahui tingkat keberhasilan serta perbaikan sistem pelaporan hasil IB berbasis aplikasi sebelum nantinya produk semen beku sexing ini diproduksi secara masal untuk memenuhi kebutuhan nasional.

Pada tahapan jangka pendek berdasarkan hasil kajian dan joint research, BBIB Singosari telah membuat manual book pengembangan semen beku sexing dan aplikasi pelaporan hasil IB yang diharapkan dapat digunakan sebagai acuan bagi balai inseminasi buatan, pengguna produk dan petugas teknis lapangan dalam melakukan kegiatan produksi semen beku sexing, tata laksana inseminasi buatan dan sistem pencatatan/pelaporan semen beku sexing berbasis aplikasi.

Dengan metode pengembangan yang smart hasil kolaborasi berbagai elemen mulai Pemerintah, Akademisi, dan pelaku usaha, menghasilkan semen beku sexing yang lebih presisi untuk mendorong peningkatan populasi dan produktifitas sesuai harapan dan kebutuhan peternak. Sehingga pada ruang lingkup yang lebih luas diharapkan program ini dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan ketahanan pangan nasional, melalui penyediaan daging dan susu yang berkualitas

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No. 3 Gedung C Lantai 6 - 9, Ragunan
Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan
Provinsi Daerah Khusus Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset