• Beranda
  • Berita
  • Kementan Apresiasi Expo dan Kontes Domba Tahun 2024 di Indramayu

Kementan Apresiasi Expo dan Kontes Domba Tahun 2024 di Indramayu

  • 12 Mei 2024, 21:13 WIB
  • /
  • Dilihat 763 kali
  • /
  • humaspkh

Indramayu - Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) mengapresiasi terselenggaranya Expo dan Kontes Domba Tahun 2024 yang berlangsung di area Sport Center Indramayu, Jawa Barat (12/5).

Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Ditjen PKH, Agung Suganda merasa terkesan saat hadir dalam kegiatan tersebut dan menganggap acara yang diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Indramayu itu dapat melestarikan seni budaya lokal serta memberikan dampak positif bagi peternak untuk berlomba menunjukkan domba terbaiknya.

"Sebagaimana yang kita ketahui bersama, bahwasannya Domba Garut juga digunakan sebagai seni ketangkasan, dengan cara mempertandingkan dua ekor domba jantan yang saling menantang. Dalam pertandingan ini, domba yang paling tangkas akan keluar sebagai pemenang" ujarnya.

Kegiatan tersebut juga menampilkan Pesta Patok Domba yang merupakan seni tradisi kearifan lokal budaya masyarakat Jawa Barat, yang masih dipertahankan kelestariannya sampai saat ini.

Sebagai informasi, Pesta Patok Domba adalah kontes adu ketampanan domba yang diadakan oleh peternak domba dari berbagai daerah. Domba yang menang dalam kontes ini akan memiliki harga jual yang tinggi, termasuk keturunannya.

Agung juga menambahkan bahwa saat ini industri kuliner daging domba terus meningkat di semua daerah, dibuktikan dengan menjamurnya Pedagang Sate Kiloan dan juga restoran yang menjual tengkleng serta gulai dan olahan daging domba yang tersebar bukan hanya di pulau Jawa tapi juga di luar Jawa.

"Selain ragam kulinernya yang meningkat, permintaan daging domba juga meningkat untuk memenuhi kebutuhan di musim Lebaran Haji. Jadi industri peternakan domba tidak lagi bisa dipandang sebelah mata, mengingat banyak sekali keuntungannya yang bisa didapatkan", imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Indramayu, Hj Nina Agustina mendorong acara serupa dapat diselenggarakan secara rutin mengingat banyaknya manfaat yang dapat dirasakan bagi peternak dan masyarakat.

"Kedepan kita jadikan acara seperti ini sebagai agenda rutin tahunan kabupaten dan kita terus tingkatkan keikutsertaan dari para peternak di daerah dan sekitar Kab Indramayu", harap Bupati Nina.

Acara ini juga dimeriahkan dengan kegiatan Talk Show Peternakan dengan berbagai tema diantaranya: Tips & trik agribisnis peternakan; Kiat sukses beternak kambing domba; serta Manajemen Kesehatan Hewan yang diikuti oleh 300 peserta talk show.

Dengan melibatkan ratusan domba tangkas dari berbagai kelas, acara ini tidak hanya menjadi wadah silaturahmi antar peternak, tokoh masyarakat, dan penggemar, tetapi juga dapat meningkatkan minat dan bakat pecinta domba serta potensi pariwisata dan ekonomi di Kabupaten Indramayu.

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No. 3 Gedung C Lantai 6 - 9, Ragunan
Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan
Provinsi Daerah Khusus Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset