• Beranda
  • Berita
  • Peternak Tasikmalaya Apresiasi Respons Cepat Kementan dalam Penanganan Penyakit Hewan

Peternak Tasikmalaya Apresiasi Respons Cepat Kementan dalam Penanganan Penyakit Hewan

  • 01 Januari 2025, 20:53 WIB
  • /
  • Dilihat 198 kali
  • /
  • humaspkh

Tasikmalaya – Meningkatnya lalu lintas ternak antarwilayah selama perayaan Natal dan Tahun Baru menambah risiko penyebaran penyakit hewan di Indonesia. Selain itu, cuaca ekstrem yang terjadi akhir-akhir ini juga berpotensi menurunkan daya tahan tubuh ternak, menjadikannya lebih rentan terhadap penyakit.

Untuk merespons ancaman tersebut, Kementerian Pertanian (Kementan), melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH), telah melakukan langkah-langkah cepat dan terkoordinasi guna melindungi subsektor peternakan nasional. Kementan menyediakan layanan Hotline Crisis Center yang dapat dihubungi melalui nomor WhatsApp 0811-1182-7889 sebagai saluran pengaduan terkait penyakit hewan.

Selain itu, Kementan juga mempercepat pelaksanaan vaksinasi massal dan distribusi obat-obatan untuk ternak yang terjangkit atau terdampak penyakit. Upaya ini bertujuan untuk menjaga kesehatan ternak dan mencegah penyebaran penyakit lebih lanjut, sekaligus mendukung ketahanan pangan nasional.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementan, Agung Suganda, menegaskan bahwa kesehatan ternak adalah fondasi ketahanan pangan.

“Melalui vaksinasi, pengobatan, dan penguatan biosekuriti, produktivitas peternakan dapat dilindungi dari ancaman penyakit,” ujarnya di Kantor Kementan Jakarta, Jumat (27/12).

Salah satu bukti keberhasilan respons cepat Kementan datang dari peternak asal Kecamatan Sodonghilir, Desa Parumasan, Tasikmalaya, Z. Aripin. Peternak yang memiliki 12 ekor domba ini melaporkan melalui WhatsApp gejala Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternaknya, berupa lepuhan pada mulut dan bintik-bintik di sekitar area tersebut.

Setelah laporan diterima, tim dari Kementan bersama pemerintah daerah dan Asosiasi Peternak dan Penggemuk Sapi Indonesia (APPSI) segera melakukan pengobatan dan langkah-langkah preventif untuk mencegah penyebaran penyakit ke ternak lainnya.

Aripin, yang merasa sangat terbantu dengan respons cepat tersebut, mengungkapkan rasa terima kasihnya yang mendalam.

“Terima kasih Kementerian Pertanian terutama Ditjen PKH beserta Tim PKH yang telah cepat tanggap merespon pengaduan saya. Saya mengucapkan beribu-ribu terima kasih dan maafkan saya hanya bisa medoakan semoga Kementerian Pertanian makin Maju, Mandiri, Modern dan para petugasnya diberikan kesehatan dan keberkahan. Aamiin”, ujarnya melalui pesan tertulis, Selasa (31/12/2024).

Langkah-langkah yang diambil oleh Kementan ini tidak hanya terbatas pada pengobatan, tetapi juga mencakup vaksinasi massal dan edukasi kepada peternak tentang cara pencegahan serta penanganan penyakit PMK.

Upaya ini diharapkan dapat memperkuat ketahanan subsektor peternakan dan memastikan kesejahteraan peternak di seluruh Indonesia.

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No. 3 Gedung C Lantai 6 - 9, Ragunan
Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan
Provinsi Daerah Khusus Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset