• Beranda
  • Berita
  • Tindaklanjuti Arahan Mentan, Pabrik Pakan Serap Jagung Lokal

Tindaklanjuti Arahan Mentan, Pabrik Pakan Serap Jagung Lokal

  • 20 Maret 2024, 06:05 WIB
  • /
  • Dilihat 394 kali
  • /
  • humaspkh

Diberitakan sebelumnya, Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman mendesak pelaku usaha industri pakan dan juga Bulog memaksimalkan serapan jagung lokal guna mengantisipasi turunnya harga jagung (14/3).

Baca berita sebelumnya:
Antisipasi Harga Anjlok, Mentan Amran Desak Bulog dan Industri Pakan Maksimalkan Serap Jagung Petani

Rabu (20/3), tampak dua unit mobil corn dryer berada di suatu lapangan di Ulaweng Cinnong, Bone, Sulawesi Selatan. Kedua kendaraan tersebut merupakan milik PT. Charoen Pokphand Indonesia (CPI) hasil kerjasama dengan Kampus ITB.

Keberadaannya di lokasi tersebut merupakan tindak lanjut dari arahan Bapak Menteri Pertanian dan hasil koordinasi dengan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) untuk membeli jagung langsung ke petani. Dalam aktivitas tersebut, CPI menggandeng CGR BISI melakukan proses pengeringan jagung di lapangan milik kelompok petani jagung, yang tergabung dalam CGR BISI.

Proses pengeringan jagung ini menggunakan mobil pengering jagung prototipe terbaru, yaitu Mobile Corn Dryer (MCD) Lite, yang mempunyai ukuran lebih kompak.

Aktivitas pengeringan jagung ini akan dilaksanakan selama 4 hari. Pada hari pertama, CPI telah membeli jagung sebanyak 11 ton jagung basah dengan harga Rp 4.400/kg (basis kadar air 17%). Setelah melalui proses pengeringan di mobil MCD tersebut, Kadar air turun menjadi 15-16%.

Aktivitas “menjemput bola” ini tentunya menguntungkan bagi kedua belah pihak. Petani menikmati harga yang lebih layak karena telah memotong rantai distribusi dan langsung membawa pulang uang hasil penjualan jagungnya.

Sedangkan pihak pabrik pakan mendapatkan keuntungan yaitu jagung yang masih fresh dan harga yang lebih murah karena membeli langsung dari petani. Selain itu, pabrik pakan lebih menghemat ongkos transport karena membawa jagung yang lebih ringan dengan kadar air tersisa 15%.

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No. 3 Gedung C Lantai 6 - 9, Ragunan
Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan
Provinsi Daerah Khusus Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset