• Beranda
  • Berita
  • Presiden Resmikan Kapal Ternak Berkapasitas 500 Ekor Sapi

Presiden Resmikan Kapal Ternak Berkapasitas 500 Ekor Sapi

  • 11 November 2015, 15:06 WIB
  • /
  • Dilihat 1538 kali

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan rasa gembiranya dengan hadirnya kapal angkutan ternak yang memiliki kapasitas untuk 500 sapi. Dengan adanya kapal ini, sapi dari Nusa Tenggara Timur (NTT) tidak lagi diangkut dengan truk yang memiliki jarak yang sangat panjang.

"Kiriman sapi dari NTT pakai truk sampai di Jakarta sapinya lemas semuanya karena perjalanan yang sangat panjang dan posisi sapinya tidak pada posisi yang baik," kata Presiden Joko Widodo ketika memberikan sambutan pada peresmian beberapa kapal di Bangkalan, Selasa.

Kapal Khusus Pengangkut Ternak KM Camara Nusantara 1 yang diresmikan Presiden memiliki 500 ruang yang diberikan untuk sapi dan standarnya juga internasional. "Semua ada dan kita harapkan arus barang dan ternak dari lokasi provinsi bisa dipasarkan ke kota yang membutuhkan," ucap Presiden.

Dengan harga angkutan murah, kata Presiden, sehingga semua bisa bersaing. "Kekalahan kita selalu pada harga angkutan sampai bisa masuk ke Jakarta," ucap Presiden.

Presiden menjelaskan bahwa kekalahan produk Indonesia selalu pada biaya angkutan. "Sapi Australia bisa bersaing karena harga transportasi murah sekali," ucap Presiden. Banyak yang tidak menyadari bahwa dua pertiga dari luas Indonesia itu adalah air dan terdapat 17 ribu pulau di dalamnya. "Kita sering lupa akan hal itu," ucap Presiden.

Presiden meresmikan Kapal Khusus Pengangkut Ternak KM Camara Nusantara 1, Kapal Perintis Tipe 750 DWT KM Sabuk Nusantara 56 dan Kapal Perintis Tipe 750 DWT KM Sabuk Nusantara 55. "Sesuai dengan target kapal yang menghubungkan antar pulau disebut tol laut, satu demi satu sudah diresmikan," ujar Presiden.

Kementerian Perhubungan telah memesan 200 kapal pada tahun ini, tahun depan 160 kapal dan tahun depannya lagi diharapkan ratusan kapal dipesan terus, sehingga distribusi logistik nasional dapat berjalan dengan baik. "Harga-harga juga turun karena menggunakan angkutan laut murah," ucap Presiden.

Sebagai gambaran, kata Presiden, di Puncak Jayawijaya, Papua, harga semen per sak adalah Rp 2,2 juta karena manajemen distribusi logistik belum tertata dengan baik. Mulai saat ini, lanjut Presiden, telah ada kapal dari wilayah barat ke timur dengan jadwal yang sudah pasti yaitu 3 pada bulan ini dan 6 pada Januari 2016, sehingga memudahkan distribusi logistik.

"Kapal ini akan diluncurkan awal bulan ini. Kita meyakini itu akan memperkuat poros maritim dan tol laut. Distribusi, arus barang, semakin hari semakin baik "ucap Presiden. Sementara itu Menteri Perhubungan Ignatius Jonan mengatakan dengan diluncurkannya KM Sabuk Nusantara 56 artinya Indonesia memiliki 56 kapal perintis. "Yang lebih menarik lagi, kapal ternak ini pertama yang pernah dijalankan dan dibuat di Indonesia," ucap Jonan.

Kapal ini dapat membawa 500 sapi dengan melayani trayek Kupang-Bima-Tanjung Perak -Tanjung Emas-Bima-Kupang. "Kapal itu harus menjamin ternak tidak boleh stres, tertekan, dan diberi ruang gerak," kata Jonan.

 

Sumber : https://www.republika.co.id/berita/ekonomi/makro/15/11/10/nxl9hj219-presiden-resmikan

 

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No.3
Gedung C Lt 6 - 9, Ragunan, Kec. Pasar Minggu,
Kota Jakarta Selatan, Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset