• Beranda
  • Berita
  • Kalau Daging Sapi Berubah Warna Apakah Masih Aman Dikonsumsi?

Kalau Daging Sapi Berubah Warna Apakah Masih Aman Dikonsumsi?

  • 01 Oktober 2015, 11:19 WIB
  • /
  • Dilihat 22254 kali

Setelah disimpan beberapa lama di kulkas kadang daging sapi berubah warna menjadi kusam kecokelatan atau mirip daging matang. Apakah masih aman dikonsumsi??

Ketika ingin memasak daging, bisa saja Anda mendapati daging sapi berubah warna setelah disimpan ?beberapa hari di kulkas?. Mengapa daging sapi bisa berubah warna. Apakah masih aman dimakan?

Daging merah, sebagian besar dianggap sebagai daging yang masih segar. Warna merah segar ini merupakan hasil dari protein dalam daging, yang disebut mioglobin. Protein ini ?berubah menjadi oxymyoglobin yang menghasilkan warna merah.

Namun,tidak semua daging memiliki warna merah yang sama. Hal ini dapat dipengaruhi oleh bebe?rapa faktor. Seperti jenis kelamin, spesies, dan usia sapi. Hal ini bisa menghasilkan daging berwarna lebih gelap.

Daging yang terlalu lama diluar dan terkontaminasi dengan udara dan cahaya juga dapat membuat merah daging menjadi pudar. Anda mungkin pernah melihat ketika daging hamburger sebelum dimasak berwarna abu-abu,tapi di bagian dalamnya masih berwarna merah atau merah muda.

Selain itu, perubahan warna juga dapat terjadi pada daging mentah beku. Daging ini dapat memudar atau berwarna cokelat gelap. Sementara daging unggas kadang-kadang memiliki warna sedikit kebiruan atau kuning cerah pada kulitnya.

Tapi terasa aneh jika melihat daging unggas berwarna merah muda dan kulitnya berwarna putih. Hal ini disebabkan variasi yang dihasilkan dari perbedaan cara pengembangbiakan dan usia unggas. Unggas juga dapat berubah warna ketika membeku.

Daging yang berubah warna karena disimpan dalam lemari es atau freezer masih aman untuk dikonsumsi. Tetapi, hanya dalam jangka waktu dua hari untuk daging giling, dan lima hari untuk daging potong. Untuk daging yang diletakkan diluar lemari es, Anda bisa mengodengan cermat sebelum dikonsumsi.

 

Sumber : https://food.detik.com/read/2015/09/30/151442/3032001/900/kalau-daging-sapi-berubah-warna-apakah-masih-aman-dikonsumsi

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No. 3 Gedung C Lantai 6 - 9, Ragunan
Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan
Daerah Khusus Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset