• Beranda
  • Berita
  • Lakukan Cara Ini Supaya Sate Sapi Empuk dan Juicy

Lakukan Cara Ini Supaya Sate Sapi Empuk dan Juicy

  • 29 September 2015, 11:05 WIB
  • /
  • Dilihat 3089 kali

Disamping kambing dan ayam, daging sapi juga bisa diolah jadi sate. Supaya hasil sate sapi empuk juicy, perhatikan cara membuatnya.

Masih ada sisa daging sapi dari Idul Adha? Buat saja sate sapi sedap khas indonesia. Sebelum meraciknya, perhatikan hal berikut ini agar sate tidak liat.

1. Jenis daging

Agar daging sate empuk, gunakan bagian has dalam atau has luar. Namun jika memakai bagian lain, bisa memakai daun pepaya sebagai pembungkus agar empuk.

2. Memotong daging

Bersihkan lemak dan urat yang liat pada permukaan daging sapi. Kemudian potong daging melintang serat dengan tebal sekitar 1/2 cm. Sebaiknya jangan potong daging terlalu besar dan tebal. Ini supaya daging lebih cepat empuk dan mudah dikunyah.

3. Menusuk sate

Baluri daging dengan sedikit jeruk nipis supaya daging lebih empuk dan beraroma. Tusuk daging sapi melintang serat. Dalam satu tusuk sate, daging bisa diselingi lemak agar rasanya lebih gurih.

Gunakan tusuk sate bambu atau besi. Bila pakai tusuk sate bambu, rendam sebentar dalam air. Ini berguna melarutkan kotoran, melembabkan lidi, dan tusuk sate tak mudah patah saat dipanggang.

4. Membumbui sate

Disamping membakar langsung, sate bisa direndam bumbu terlebih dahulu. Misalnya campuran bawang putih, bawang merah, ketumbar, merica, garam dan sedikit gula merah. Bisa juga campuran kacang giling, kecap dan air kaldu.

Rendam potongan daging dalam bumbu selama 1-2 jam sampai meresap, lalu bakar sate. Jika ingin cepat, celup bumbu lalu bakar sate sampai setengah matang. Kemudian celup lagi dalam bumbu, baru sate dibakar sampai matang sempurna.

5. Membakar sate

Untuk membakar sate bisa memakai bara api dari arang batok kelapa, panggangan listrik atau gas dalam wajan datar. Supaya daging tidak lengket ke pemanggang, olesi sedikit minyak.

Proses pembakaran memerlukan waktu 3-5 menit, tergantung besar potongan daging dan jumlah sate yang dibakar. Balik-balik sate sesekali supaya matangnya merata.

 

Sumber : https://food.detik.com/read/2015/09/25/142539/3028141/297/lakukan-cara-ini-supaya-sate-sapi-empuk-dan-juicy

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No. 3 Gedung C Lantai 6 - 9, Ragunan
Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan
Daerah Khusus Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset