• Beranda
  • Berita
  • Pemerintah Launching Sapi Brahman Bibit Bersertifikat

Pemerintah Launching Sapi Brahman Bibit Bersertifikat

  • 15 Oktober 2014, 14:24 WIB
  • /
  • Dilihat 2092 kali

SEMBAWA, PALEMBANG (14/10/2014)_Pemerintah launching 22 ekor sapi Brahman bibit bersertifikat yang terdiri dari 8 ekor sapi jantan dan 14 ekor sapi betina pada 14 Oktober 2014 oleh Menteri Pertanian RI, Suswono didampingi Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Syukur Iwantoro di Balai Pembibitan Ternaik Unggul dan Hijauan Pakan Ternak Sembawa. Jumlah ini menambah total ternak sapi bibit yang telah disertifikasi sejak didirikannya Lembaga Sertifikasi Produk (Ls Pro) Benih dan Bibit Ternak menjadi 233 ekor.

"Bibit sapi Brahman yang kita launching merupakan hasil dari proses panjang hingga disertifikasi oleh Lembaga Sertifikasi Produk (Ls Pro) Benih dan Bibit Ternak" ungkap Suswono.

Lebih lanjut Suswono menambahkan, "Hal ini sesuai dengan yang telah diamanatkan UU No. 18 Tahun 2009, dalam pasal 13 ayat (4), bahwa setiap benih atau bibit beredar wajib memiliki sertifikat layak benih atau bibit".

Kementerian Pertanian cq Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan memiliki 10 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perbibitan yang terdiri dari 2 Balai Inseminasi Buatan, 1 Balai Embrio Transfer, serta 7 Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTUHPT).  "UPT Perbibitan menjadi ujung tombak penyediaan benih dan bibit ternak yang berkualitas", jelas Syukur Iwantoro.

Sapi betina bibit bersertifikat digunakan sebagai indukan penghasil ternak bibit.  Sedangkan sapi pejantan bibit unggul bersertifikat, digunakan sebagai penghasil semen beku di Balai Inseminasi Buatan dan sebagai pejantan pemacek dalam intensifikasi kawin alam (INKA).  Semen beku yang dihasilkan dari sapi pejantan bibit bersertifikat tersebut, digunakan untuk optimalisasi peningkatan kelahiran ternak yang memiliki genetik baik melalui teknologi Inseminasi Buatan (IB).

"Teknologi inseminasi buatan dan kualitas semen beku Indonesia tidak kalah dengan negara-negara maju.  Hal ini terbukti dengan banyaknya negara yang belajar di Balai Inseminasi Buatan Indonesia, dan mengimpor semen beku produksi dalam negeri", tambah Syukur Iwantoro.

Perbaikan perbibitan merupakan aspek strategis dalam perbaikan genetik ternak, guna mendukung peningkatan produktifitas ternak.  Apabila genetik ternak sudah bagus, maka tinggal didukung oleh pakan berkualitas, serta manajemen budidaya dan pelayanan kesehatan hewan yang baik untuk menghasilkan produksi yang optimal.

Komitmen kuat Pemerintah dalam memperbaiki perbibitan ternak untuk mendukung pembangunan peternakan dalam negeri, juga dibuktikan dengan telah dicapainya swasembada semen beku pada tahun 2012, dan swasembada sapi pejantan unggul pada tahun 2013.

Indonesia sangat kaya akan Sumber Daya Genetik Hewan (SDGH) lokal sebagai modal bangsa untuk menjamin keberlanjutan ketersediaan sumber pangan asal ternak.  Oleh karena itu patut kita jaga sebagai aset bangsa.

"Dalam rangka memberikan perlindungan hukum terhadap rumpun atau galur ternak, maka telah ditetapkan dan dilepaskan rumpun atau galur ternak berdasarkan SK Menteri Pertanian RI sejak tahun 2010", jelas Suswono.

"Rumpun atau galur yang ditetapkan dan dilepas selanjutnya didaftarkan ke Food and Agriculture Organization (FAO)", imbuh Suswono.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

 

 

 

 

 

Titik Triary

Humas Direktorat Jenderal Peternakan

dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian

Kantor Pusat Kementan, Gedung C, Lantai 6

Jl. Harsono RM No 3 Ragunan, Jakarta Selatan

Email : [email protected]

Website : ditjennak.pertanian.go.id

Telp : 021 – 7815582 / HP : 08121865425

Ir. Abu Bakar, SE., MM

Direktur Perbibitan Ternak,

Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No. 3 Gedung C Lantai 6 - 9, Ragunan
Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan
Daerah Khusus Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset