Panen Pedet Di Provinsi NTB

  • 26 Desember 2012, 17:08 WIB
  • /
  • Dilihat 1391 kali

Upaya menuju keberhasilan pembangunan pertanian terutama pembangunan peternakan dan kesehatan hewan adalah dengan pencapaian swasembada daging sapi dan kerbau. Salah satu upaya yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi NTB untuk mendukung program pencapaian swasembada daging sapi dan kerbau adalah dengan pencapaian program “NTB Bumi Sejuta Sapi”. Pencapaian tersebut ditunjukkan dengan diselenggerakaannya Panen Pedet 2012 di Provinsi NTB. 

Hadir pada kesempatan tersebut Menteri Pertanian sekaligus melaunching Balai Pengembangan dan Pengolahan Pakan Ternak Ruminansia. Serta penyerahan hasil kegiatan Sistem Investor Daerah-NTB (SIIDA) yang telah dilaksanakan selama satu tahun oleh MENRISTEK kepada Gubernur NTB. 

Lembaga RISTEK untuk mendukung Program PSDSK telah melakukan berbagai inovasi teknologi oleh lembaga Litbang seperti LIPI, BATAN, BPTB dan Perguruan Tinggi UNRAM yang telah dimobilisasi secara terintegrasi dan sinergi di kawasan Banyumulek dan kelompok ternak sekitarnya. Teknologi IB sexing yang dilakukan serentak atas 250 ekor sapi, telah memberikan keberhasilan yang mencapai 90 %.

Populasi ternak sapi di NTB saat ini diperkirakan berjumlah ± 700 ribu ekor sedangkan kerbau 105 ribu ekor. Jumlah populasi NTB akan mampu mendukung pencapaian bumi sejuta sapi berkat keseriusan pemerintah daerah dan jajarannya beserta masyarakat dan usahawan NTB. Perlu dukungan dan komitmen bersama yang lebih besar lagi agar program dan kegiatan ini dapat berkelanjutan dan contoh-contoh keberhasilan ini dapat dikembangkan secara lebih luas di daerah atau wilayah lain. 

(Supriyatno, SIP., MM., Ismatullah Sali, S.Pt., Titik Triary W, S.Pt) 

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No. 3 Gedung C Lantai 6 - 9, Ragunan
Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan
Daerah Khusus Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset