• Beranda
  • Berita
  • Peringatan Nuzulul Qur’an 2012 M/1433 H Kementerian Pertanian

Peringatan Nuzulul Qur’an 2012 M/1433 H Kementerian Pertanian

  • 09 Agustus 2012, 16:44 WIB
  • /
  • Dilihat 1570 kali

Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan tahun ini mendapat giliran sebagai ketua panitia dalam rangka peringatan Nuzulul Qur’an 2012 M/1433 H Kementerian Pertanian RI dengan tema “Al-Qur’an Sebagai Pedoman Hidup Manusia”. Acara tersebut dilaksanakan di Masjid Nurul Iman Kementerian Pertanian tanggal 8 Agustus 2012 yang dihadiri oleh para pejabat lingkup Kementerian Pertanian, Ibu Menteri Pertanian (Hj. Mieke Suswono), Bapak Ust. H. Yasir Liputo, Lc sebagai penceramah dan Pimpinan Bank BRI Jakarta, ibu-ibu pengurus dan Anggota Persatuan Dharma Wanita serta karyawan dan karyawati Kementerian Pertanian. Rangkaian acara Peringatan Nuzulul Qur’an antara lain pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan saritilawah, penyerahan hadiah pemenang lomba Musabakhoh Tilawatil Qur’an (MTQ), penyerahan santunan anak yatim, tausyiah kemudian dilanjutkan dengan buka pusa bersama. 

Pada kesempatan tersebut Menteri Pertanian memberikan sambutan yang diwakili oleh Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementerian Pertania. Dalam sambutannya, beliau menyapaikan bahwa setiap tanggal 17 Ramadhan umat islam memperingati turunnya Al-Qur’an atau Nuzulul Qur’an. Pada malam tersebut Allah SWT menurunkan ayat suci Al-qur’an sebagai pedoman bagi manusia dalam menata kehidupan demi tercapai kebahagiaan lahir dan batin. Lebih lanjut dikatakan bahwa peristiwa turunnya Al-Qur-an di Gua Hira terjadi ketika Nabi mengalami guncangan jiwa yang luar biasa dan surat yang pertama turun waktu itu adalah surat Al-Alaq ayat satu sampai lima yang isinya “Bacalah, dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan’ Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah, Bacalah dan Tuhanmu yang paling pemurah, yang mengajar manusia dengan perantaraan kalam, Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahui. 

Bulan Ramdhan adalah bulan suci yang penuh keberkahan yang semestinya dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk beribadah agar kita menjadi manusia yang bertaqwa sebagaimana yang difirmankan oleh Allah SWT dalam surat Al-Baqorah ayat 183 yang artinya “Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa” demikian disampaikan oleh Bapak Ust. H. Yasir Liputo, Lc dalam tausyiahnya, beliau juga menyinggung tentang harta, dia mengatakan bahwa janganlah sekali-kali kita menumpuk harta sehingga kita lalai untuk mengingat Allah SWT sebab orang-orang yang menumpuk dan tidak memanfaatkannya dijalan Allah maka balasannya adalah Neraka Huthamah yaitu api yang menyala-nyala sampai ke hati (Al-Humazah : 1-9) 

Pemenang lomba MTQ tahun 2012 secara berturut-turut dari Ditjen Hortikultura, Badan Karantina Pertanian disusul oleh Inspektorat Jenderal yang penyerahan hadiahnya deberikan langsung oleh Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementerian Pertanian mewakili Menteri Pertanian RI kemudian penyerahan santunan secara simbolis kepada anak yatim oleh Ibu Menteri Pertania RI (Hj. Wieke Suswono) didampingi oleh Ketua Persatuan Dharma Wanita. 

Sumber.Padjarnain.Subbag Kerjasama dan Humas.Bagian Perencanaan.Ditjen PKH

 
Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No. 3 Gedung C Lantai 6 - 9, Ragunan
Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan
Provinsi Daerah Khusus Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset