• Beranda
  • Berita
  • Sapi Belgian Blue Andalan Kementan Kejar Swasembada Daging Sapi 2026

Sapi Belgian Blue Andalan Kementan Kejar Swasembada Daging Sapi 2026

  • 18 Mei 2019, 09:03 WIB
  • /
  • Dilihat 3234 kali

Bogor - pengembangan sapi Belgian Blue (BB) merupakan salah satu peluang yang memberikan harapan bagi pemenuhan kebutuhan protein hewani, dan mengurangi ketergantungan impor daging. 

"ini keseriusan kita berswasembada daging sapi 2026, maka melalui introduksi dan pengembangan Belgian Blue agar terbentuk rumpun sapi baru Indonesia", jelas
Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, I Ketut Diamirta dalam kegiatan Evaluasi Pengembangan Sapi Belgian Blue di Indonesia di Bogor pada tanggal 15-17 Mei 2019. 

Diarmita mengatakan rata-rata berat kelahiran BB murni 52,4 kg, dan BB persilangan antara 27-55 kg, kemudian pertambahan berat badan harian 1,2-1,6 kg/hari, serta bobot sapi jantan dewasa bisa mencapai 1.100-1.250 kg, maka Belgian Blue adalah salah satu pilihan masa depan pengembangan sapi potong di Indonesia. 

Strategi Kementan mencapai swasembada daging sapi tahun 2026, dengan penyediaan dan pemanfaatan lahan untuk integrasi, penambahan indukan impor, peningkatan kelahiran dan peningkatan produktifitas (upsus siwab), pembiayaan dan subsidi (KUR), penguatan kelembagaan (kawasan/korporasi), serta regulasi dan deregulasi. 

"Kemandirian ekonomi menjadi salah satu Nawacita Pemerintah, dan ketersediaan pangan yang beragam, sehat, mudah dijangkau dan bernilai tinggi harus diwujudkan", lanjut Diarmita. 

Sementara itu Kepala Balai Embrio Transfer (BET) Cipelang, Oloan Parlindungan menambahkan sampai saat ini terdapat anak BB murni hasil trasfer embrio (TE) sebanyak 97 ekor dan persilangan BB sebanyak 278 ekor yang berasal dari induk sapi jenis lain yakni FH, Simmental, Limousin, Angus, PO, Aceh, Madura, dan Wagyu. 

"Anak hasil transfer embrio pertama yaitu Gatotkaca telah menghasilkan 1.614 straw semen beku yang merupakan waiting list semen untuk seluruh UPT yang ikut dalam program" kata Oloan bangga. 

Pengembangan rumpun sapi baru di Indonesia dilaksanakan secara bertahap, untuk itu pengembangan sapi BB pada saat ini dilakukan secara tertutup dan terkontrol di instansi yang ditunjuk, memiliki sumberdaya pakan dan tenaga ahli yang mencukupi. Setidaknya terdapat 12 unit pelaksana teknis (UPT) lingkup Kementerian Pertanian yang dalam pelaksanaannya didampingi pakar pendamping dari berbagai perguruan tinggi dan praktisi. 

Belgian Blue menjadi pilihan pemerintah untuk pengembangan, mengingat sapi ini punya karakteristik unggul, yaitu memiliki otot ganda (double muscle), temperamen jinak dan mudah dalam penanganan. Selain itu sapi ini beranak pertama pada umur 23 bulan dan memiliki efisiensi pakan yang tinggi. 

Adapun kualitas karkas sapi jenis ini sangat baik, yaitu persentase karkasnya tinggi (75- 80%), kualitas daging lembut dan rendah kolesterol (± 45mg/100g), serta memiliki kandungan tinggi protein, Vit. B3, Vit. B12 dan zat besi. 

"sapi ini akan memberikan keuntungan dan mensejahterakan peternak di masa yang akan datang. Ini akan menjawab tantangan penyediaan protein hewani yang berkualitas dan mencukupi" tutupnya.

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No.3
Gedung C Lt 6 - 9, Ragunan, Kec. Pasar Minggu,
Kota Jakarta Selatan, Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset