• Beranda
  • Berita
  • Kementan: Pasokan Daging Sapi, Ayam dan Telur di Jawa Tengah Aman dan Lancar

Kementan: Pasokan Daging Sapi, Ayam dan Telur di Jawa Tengah Aman dan Lancar

  • 01 April 2022, 08:15 WIB
  • /
  • Dilihat 864 kali
  • /
  • Administrator

Semarang,_ Mendekati bulan Ramadhan, Kementerian Pertanian kembali memastikan ketersediaan dan pasokan pangan asal ternak, terutama daging sapi, ayam dan telur di Jawa Tengah aman dan lancar.  Hal tersebut disampaikan oleh Syamsul ma’arif selaku Direktur Kesehatan masyarakat Veteriner Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan saat mengunjungi Gudang Bulog di Semarang, Kamis (31/03).

“Pemantauan ini kami lakukan sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya masalah ketersediaan dan pasokan pangan asal ternak, terutama daging sapi, ayam dan telur untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di bulan suci Ramadhan dan Lebaran yang sebentar lagi akan tiba,” ungkap Syamsul Ma’arif.

“Ini merupakan arahan dari Bapak Menteri Pertanian untuk memastikan kebutuhan pangan masyarakat tercukupi, sehingga hari ini ada tim yang kami tugaskan untuk  melakukan pemantauan ketersediaan daging sapi, ayam dan telur ke sentra peternakan dan pasar di Jawa Tengah,”ungkap Syamsul Ma’arif. 

Labih lanjut Ia katakan, menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN), pemerintah berkomitmen mengintensifkan pemantauan pasokan dan meningkatkan kelancaran distribusi bahan pangan dari daerah sentra produksi ke daerah konsumen. Selain itu juga memberikan informasi tentang kepastian penyediaan pasokan dan sekaligus meningkatkan keamanan pangan untuk mencegah terjadinya peredaran bahan pangan yang tidak memenuhi kaidah keamanan pangan.

“Hal ini kita lakukan agar masyarakat dapat menyambut Ramadhan dan Lebaran dalam keadaan senang dan tenang untuk beribadah tanpa kuatir kehabisan stok pangan asal ternak,” ujar Syamsul Ma’arif.

Pemantauan pada momen HBKN penting dilakukan berkoordinasi dengan pemerintah daerah, kementerian/lembaga terkait, serta pemangku kepentingan lainnya. Hal ini menurutnya, untuk mengantisipasi potensi kenaikan permintaan bahan pangan asal ternak, sehingga tidak terjadi kelangkaan pasokan yang akan berdampak pada fluktuasi harga.

Pada kesempatan yang sama, Purwo Ari Sulistiyo dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah menyampaikan, ketersediaan sapi siap potong, daging sapi, daging ayam dan telur di Jawa Tengah aman dan mencukupi.

Sebagai informasi, Provinsi Jawa Tengah merupakan sentra ternak sapi potong ke-2 terbesar di Indonesia setelah Jawa Timur, dengan populasi sebanyak 1,8 juta ekor dan produksi daging sapi sebesar 62,03 ribu ton. Kabupaten Boyolali merupakan penyumbang produksi daging sapi terbesar di Jawa Tengah. Apalagi di Kabupaten tersebut terdapat program bantuan Kementerian Pertanian, yaitu Desa Korporasi Sapi. 

Pada kesempatan terpisah, Ketua Koperasi Peternak Lembu Subur Rukun Tentrem, Abdullah yang menaungi 5 Kelompok Tani Ternak (KTT) di 5 Desa, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali menyampaikan, koperasinya memiliki 986 ekor sapi dan siap memasok sapi siap potong, baik ke Jawa Tengah, Jakarta dan sekitarnya. Ia katakan, saat ini koperasi miliknya telah bekerjasama dengan PT. Berdikari untuk memasok sapi-sapi milik anggota koperasinya untuk memenuhi kebutuhan di sentra-sentra konsumen. “Saat ini secara bertahap kami telah mengirimkan sapi-sapi kami ke PT. Berdikari,” ungkap Abdullah.

Demikian pula, Peternak Sapi di Kabupaten Kendal, Yudi juga mengaku siap untuk memasok sapinya ke Semarang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Saat ini Ia memiliki sapi siap potong sebanyak 178 ekor.

Sementara itu, Ibu Priyo penjual daging sapi di Pasar Bulu, Semarang menyampaikan, pasokan daging sapi ke lapaknya sampai saat ini lancar. Ia katakan, daging sapi yang Ia jual merupakan daging sapi lokal yang banyak diminati oleh masyarakat di Kota Semarang karena rasanya lebih gurih. Daging sapi lokal Ia peroleh dari pemasok yang berasal dari peternakan di Bojo dan Ungaran.  "Pasokannya alhamdulillah lancar, mau minta berapa pun ada," ungkapnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Azizah penjual ayam broiler yang menyampaikan jualannya berjalan normal dengan pasokan sangat lancar. “Pembeli mau beli ayam berapapun kami siap potong dan persediaan untuk bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Insya Allah aman,” ucap Azizah. “Pemasok ayam di Semarang ini banyak jadi tidak perlu khawatir untuk kekurangan,” ungkapnya.

Selanjutnya, Dwi, penjual telur ayam ras mengatakan, pasokan telur dari Sukorejo lancar, tidak ada yang tertunda. Ia sebutkan, seharinya minimal mengambil 3 peti dan maksimal 10 peti. "Insya Allah, pasokan setiap hari ada dan lancar, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir kekeurangan," pungkasnya.

Pengawasan Keamanan Pangan Asal Ternak

Lebih lanjut, Direktur Kesmavet Syamsul Ma'arif menyampaikan, dalam rangka menjamin keamanan dan ketersediaan pangan, baik oleh pemerintah maupun pemerintah daerah, dalam hal ini dinas yang membidangi fungsi peternakan dan kesehatan hewan Provinsi/Kabupaten/Kota di seluruh wilayah Indonesia telah rutin melaksanakan pengawasan terpadu bersama dengan Kementerian/Lembaga/Instansi terkait.

Syamsul menyebutkan, himbauan untuk melakukan kegiatan pengawasan ini juga telah disampaikan kepada pemerintah daerah melalui  Surat Direktur Kesehatah Masyarakat Veteriner Nomor 18.012/TU.020/F5/043/2022 tanggal 18 Maret 2022 tentang Penjaminan Penyediaan Produk Hewan Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH) Menjelang dan/atau pada Bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1443 H/Tahun 2022.

"Dalam SE itu Pemda sebagai penyelenggara fungsi peternakan dan kesehatan hewan dapat mengoptimalkan upaya penjaminan keamanan dan ketersediaan produk hewan," jelas Syamsul Ma'arif. 

Ia katakan, setiap tahun, Kementerian Pertanian selalu menghimbau pemerintah daerah untuk melaksanakan kegiatan pengawasan keamanan unit usaha produk hewan, terutama rumah potong hewan, gudang penyimpangan dan tempat penjualan produk hewan. Dalam surat tersebut pemerintah daerah diminta melakukan pengawasan lebih intensif pada H-7 ramadhan dan H-7 Hari Raya Iduk Fitri.

 

Narahubung:
Drh. Syamsul Ma’arif, MSc. (Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian)

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No. 3 Gedung C Lantai 6 - 9, Ragunan
Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan
Daerah Khusus Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset