• Beranda
  • Berita
  • Kementan Gandeng TNI Permudah Masyarakat Akses Pangan dengan Harga Terjangkau

Kementan Gandeng TNI Permudah Masyarakat Akses Pangan dengan Harga Terjangkau

  • 28 Desember 2022, 10:30 WIB
  • /
  • Dilihat 156 kali
  • /
  • humaspkh

Jakarta,- Menjelang pergantian tahun, Kementerian Pertanian (Kementan) bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) menyediakan bahan pangan berkualitas dengan harga terjangkau melalui kegiatan Serbu Pangan Murah.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH), Nasrullah berharap agar masyarakat tidak khawatir menghadapi pergantian tahun karena ketersediaan 12 bahan pangan pokok, khususnya komoditas peternakan dalam kondisi aman dan mencukupi.

‘Alhamdulillah 12 bahan pangan pokok, khususnya untuk komoditas peternakan itu cukup dari sisi produksi dan itu bisa kami yakinkan, sehingga rakyat tidak perlu khawatir karena komoditas peternakan surplus pada tahun 2022," ucap Nasrullah saat membuka Kegiatan Serbu Pangan Murah yang digelar di lapangan Rindam Jaya, Jakarta, Rabu (28/12).

Serbu Pangan Murah merupakan salah satu bentuk kerja sama antara Kementan melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan hewan dengan TNI dalam rangka menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan di masyarakat.

Selain komoditas peternakan, kegiatan Serbu Pangan Murah juga menyediakan komoditas pangan lainnya, seperti beras, cabai, bawang merah, bawang putih, gula pasir, dan minyak goreng.

"Kami mengapresiasi Komandan Rindam Jayakarta beserta seluruh jajaran untuk berkolaborasi untuk pelaksanaan kegiatan ini" ungkap Nasrullah. ”Kami terus berupaya menggencarkan peningkatan konsumsi protein hewani dengan penyediaan bahan pangan dengan akses yang mudah dan terjangkau, salah satunya melalui kegiatan Serbu Pangan Murah ini”, imbuhnya.

Nasrullah mengungkapkan, kegiatan ini merupakan tindak-lanjut arahan Bapak Menteri Pertanian untuk mendekatkan produsen dengan konsumen sebagai wujud negara yang hadir ditengah-tengah masyarakat untuk memperoleh pangan dengan harga terjangkau dalam masa Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) dan Tahun Baru 2023.

"Alhamdulillah dari segi produksi 12 bahan pangan pokok dalam kondisi tercukupi sehingga harapan saya masyarakat dapat memanfaatkan keberadaan Serbu Murah ini dengan baik, beli secukupnya, tidak perlu khawatir karena pemerintah akan selalu mengawal ketersediaan dan pasokan bahan pangan agar semua masyarakat dapat menikmatinya," ungkap Nasrullah.

Ia jelaskan, kegiatan serupa juga telah dilaksanakan bersama stakeholder terkait di beberapa titik sejak 18 Desember 2022 hingga nanti tanggal 31 Desember 2022. “Ini tentunya dalam rangka mencukupi kebutuhan masyarakat akan produk asal hewan yang Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH), serta untuk pemenuhan kebutuhan gizi protein hewani yang cukup tinggi di masyarakat’, imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Bagian Umum Rindam Jaya, Letkol INF Audy Komontoy mengungkapkan, kerjasama TNI dan Kementerian Pertanian terus dilakukan dan saling bersinergi untuk dalam menjaga ketahanan pangan bagi masyarakat Indonesia.

“Kerja sama TNI dengan Kementerian Pertanian sudah lama dilakukan, mulai dari hulu hingga hilir dalam menjaga ketahanan pangan, saat ini pada kegiatan Serbu pangan Murah, kami memfasilitasi tempat untuk masyarakat dalam mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan”, ucap Audy.

Hal senada juga disampaikan oleh Salah satu pengunjung Ibu May yang tampak antusias membeli pangan hewani seperti daging kerbau dan telur. Ia katakan, dirinya dan warga sekitar sangat sangat senang dengan adanya kegiatan Serbu Pangan Murah,

“Di sini kami bisa membeli kebutuhan kami dengan jauh lebih mudah dan harga yang lebih terjangkau, harapannya kegiatan seperti ini bisa sering digelar karena sangat membantu masyarakat”, ungkap May. “Terima kasih kepada Bapak Menteri Pertanian karena adanya kegiatan ini kami dapat berbelanja kebutuhan pangan dengan lebih terjangkau, sehingga lebih hemat“, pungkasnya.

 

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No.3
Gedung C Lt 6 - 9, Ragunan, Kec. Pasar Minggu,
Kota Jakarta Selatan, Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

ditjennak@pertanian.go.id
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset