• Beranda
  • Berita
  • Mentan Percepat Revisi Regulasi Peternakan Untuk Solusi Perunggasan

Mentan Percepat Revisi Regulasi Peternakan Untuk Solusi Perunggasan

  • 28 Desember 2023, 15:06 WIB
  • /
  • Dilihat 613 kali
  • /
  • humaspkh

Jakarta_Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memerintahkan Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan untuk mempercepat proses revisi Undang Undang Peternakan dan Kesehatan Hewan dan Peraturan Menteri Pertanian turunannya. Hal ini untuk mempercepat solusi masalah perunggasan menyikapi kondisi harga ayam yang masih fluktuatif di tingkat produsen.

“Solusi paling cepat adalah revisi regulasi, kalau bisa Permentan saja, diapain yang penting sanksinya kencang,” ujar Amran di depan para ketua asosiasi dan koperasi perunggasan yang hadir di kantor pusat Kementerian Pertanian, Kamis (28/12).

Lebih lanjut Amran juga menegaskan bahwa penegakan sanksi yang ketat tidak bisa dilakukan sendiri. Harus ada kerjasama dan koordinasi dengan Kementerian dan Lembaga lain agar penegakan sanksi ini dapat tegas diterapkan.

“Pendekatannya harus holistik, tidak bisa parsial” lanjut Amran.

Seperti yang telah diketahui, beberapa permasalahan perunggasan yang tiap tahun muncul diantaranya harga input (day-old chicken dan pakan) yang berfluktuasi, rantai pasok yang panjang dan belum efisien, harga ayam hidup (livebird) yang lebih ditentukan oleh peran broker, kompetisi pasar livebird yang sama antara perusahaan integrasi dan peternak mandiri, serta pola konsumsi yang bersifat musiman.

“Saya minta pak Dirjen dalam beberapa minggu ke depan sudah bisa menyelesaikan draft usulan revisi Permentan. Untuk revisi Undang-Undang, silahkan melakukan public hearing, libatkan semua stakeholder termasuk para peternak ini agar ada solusi. Masa’ sudah bertahun tahun kita masih bicara harga dan permasalahan yang sama,” lanjut Amran.

Menanggapi hal itu, Pardjuni, dari Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (PINSAR) menyambut baik usulan Mentan tersebut. Ia mengatakan bahwa sebenernya pemerintah sudah mempunyai regulasi yang cukup baik seperti yang tercantum pada Permentan Nomor 32/PERMENTAN/PK.230/9/2017 Tahun 2017 tentang Penyediaan, Peredaran dan Pengawasan Ayam Ras dan Telur Konsumsi.

“Tapi aturan itu ngga tegas dilaksanakan. Harusnya pemerintah bisa memberikan tindakan tegas untuk peternak atau integrator yang tidak mematuhi peraturan itu” jelasnya.

Menanggapi hal itu, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan mengatakan bahwa ada beberapa solusi jangka pendek, menengah dan panjang yang sedang disiapkan, misalnya dengan segera menyelesaikan draft revisi regulasi yang mengatur perunggasan termasuk penerapan sanksinya secara tegas.

“Tentu kami membutuhkan bantuan regulasi yang lebih tinggi misalnya dengan peraturan presiden dan sebagainya”, ungkap Nasrullah.

Selain itu diperlukan juga tata kelola atau manajemen over produksi oleh pemerintah dengan memberikan penugasan kepada BUMN pangan untuk melaksanakannya melalui kebijakan Peraturan Presiden.

Dalam laporannya kepada Mentan, Nasrullah menyampaikan bahwa selama tahun 2023, produksi ayam ras pedaging telah mengalami surplus sebesar 5,8% dan diperkirakan pada tahun 2024 masih akan surplus sebesar 9,38%. Begitu juga dengan produksi telur ayam ras yang surplus sebesar 4,75% di tahun 2023 dan diperkirakan akan surplus lagi pada tahun 2024 sebesar 9,97%.

Kontribusi produk unggas saat ini mencapai dua per tiga dari konsumsi protein masyarakat Indonesia. Produksi unggas menyumbang 60% terhadap produk domestik bruto (PDB) peternakan dan berkontribusi 80,77% terhadap total produksi ternak. Industri pembibitan tumbuh pesat (23 Perusahaan GPS Broiler, 6 Perusahaan GPS Layer). Selain itu, industri pakan juga tumbuh (110 pabrik pakan dengan kapasitas produksi 29.652 juta ton). Nilai ekspor produk peternakan Jan-Juli 2023 senilai US$ 790,7 juta setara 11,8 Triliyun, nilai ekspor 9,56% dan volume 15,36% meningkat dibandingkan tahun 2022. Menyerap sekitar 10% dari tenaga kerja nasional, dengan omzet mencapai 700 Triliun per tahun.

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No. 3 Gedung C Lantai 6 - 9, Ragunan
Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan
Provinsi Daerah Khusus Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset