• Beranda
  • Berita
  • Aviagen Sambangi Kementan, Tegaskan Dukung Pengembangan Industri Perunggasan Tanah Air

Aviagen Sambangi Kementan, Tegaskan Dukung Pengembangan Industri Perunggasan Tanah Air

  • 26 Februari 2024, 06:04 WIB
  • /
  • Dilihat 570 kali
  • /
  • humaspkh

Jakarta – Kementerian Pertanian melalui Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) menerima kunjungan Perwakilan Aviagen yang merupakan salah satu produsen pembibitan ayam ras terkemuka di dunia yang secara global memasok DOC Grand Parent Stock (GPS) dan Parent Stock (PS) di lebih dari 100 negara, termasuk Indonesia.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan, Nasrullah mengatakan bahwa kunjungan Aviagen merupakan tindak lanjut hasil pertemuan di ILDEX pada bulan September tahun 2023, yang bertujuan untuk menggali peluang pengembangan industri perunggasan Indonesia.

"Kami mengapresiasi kunjungan dari perwakilan Aviagen, Mr. Monleon dan tim. Kerjasama dengan perusahaan pembibitan terkemuka seperti Aviagen menjadi langkah strategis dalam mendukung pengembangan industri perunggasan di Indonesia", ujar Nasrullah saat pertemuan di Kantor Pusat Kementerian Pertanian (26/2).

Saat ini, industri ayam ras di Indonesia masih menghadapi tantangan dalam memenuhi kebutuhan bibit ayam ras dengan klasifikasi GPS untuk menghasilkan PS sehingga berakibat ketergantungan tinggi terhadap impor GPS dan tercatat Aviagen memasok lebih dari 80%.

Investasi dan perputaran usaha dalam industri ayam ras semakin meningkat, memikat minat para pembibit ayam ras pedaging dan petelur untuk bergerak di level GPS. Namun, usaha pembibitan ini memiliki risiko sangat besar dan menuntut performa tinggi untuk menghasilkan Parent Stock (PS) dan berikut turunan Final Stock (FS).

Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak, Agung Suganda mengharapkan kolaborasi antara pemerintah dan pemangku kepentingan industri menjadi kunci dalam mengatasi berbagai tantangan yang ada. Menurutnya, pertemuan ini menandai langkah penting dalam upaya memperkuat industri perunggasan di Indonesia.

"Ketersediaan bibit ayam ras dengan potensi dan kualitas genetik terbaik menjadi kunci dalam meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan peternak ayam di Indonesia. Kami berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan pemangku kepentingan industri untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan sektor ini”, jelas Agung.

Diakhir kunjungannya, Aviagen kembali menegaskan komitmennya bersama Kementerian Pertanian untuk berkontribusi dalam keberlanjutan perkembangan industri perunggasan di Indonesia.

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No. 3 Gedung C Lantai 6 - 9, Ragunan
Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan
Daerah Khusus Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset