• Beranda
  • Berita
  • FAO Mendukung Kerja Sama Baru Kementan dan Universitas Gadjah Mada untuk Peningkatan Kesadaran Masyarakat Terhadap Zoonosis Melalui Perguruan Tinggi

FAO Mendukung Kerja Sama Baru Kementan dan Universitas Gadjah Mada untuk Peningkatan Kesadaran Masyarakat Terhadap Zoonosis Melalui Perguruan Tinggi

  • 01 Juni 2024, 09:35 WIB
  • /
  • Dilihat 196 kali
  • /
  • humaspkh

Yogyakarta, 1 Juni 2024 - Kementerian Pertanian RI melaluiDirektorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (DitjenPKH), Jumat (31/5/2024), menandatangani PerjanjianKerjasama Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakatuntuk Penyadaran Masyarakat terhadap Zoonosis pada Tingkat Pendidikan Tinggi di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada. Kolaborasi dua tahun ini didukung penuh oleh Badan Pangandan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO) melaluipendanaan dari Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID). Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkankesadaran masyarakat terhadap zoonosis di tingkat universitasdan pendidikan tinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal ini menjadi langkah signifikan menuju pembangunan masyarakatyang siap menghadapi ancaman zoonosis dan memilikipemahaman akan zoonosis.

Syamsul Ma'arif, Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian menjelaskan bahwa memulai upayamemberikan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) sejakdini dan memastikan keterlibatan lintas sektor sangat penting untuk meningkatkan kesadaran dan respons masyarakat secara efektif terhadap ancaman zoonosis. “Kenapa pengembanganKIE terkait zoonosis ini dilakukan melalui dunia pendidikan? Hal ini karena sebagai langkah kesiapsiagaan kami dalam menghadapi zoonosis yang kian hari perlu diwaspadai. Dan melalui dunia pendidikan, kita mampu menyentuh anak-anakdidik dan juga masyarakat pada saat mahasiswa melakukankegiatan pengabdian masyarakat atau pada saat mahasiswamelakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN),” jelas Syamsul.

Pada kesempatan yang sama, Teguh Budipitojo, Dekan FakultasKedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada, menyatakanantusiasmenya terhadap kerja sama tersebut. “Kemitraan ini tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa kami tetapi jugaberkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat. Kami berkomitmen untuk memajukan pengetahuan dan praktik baik yang akan membantu pengendalian penyakit zoonosis,” kata Teguh. Ia lebih lanjut menjelaskan bahwa dalam kerja sama ini, Universitas Gadjah Mada akan menyelenggarakan kegiatan penyempurnaan materi zoonosis dan pengabdian kepadamasyarakat terkait kesadaran zoonosis kepada komunitasakademik dan masyarakat.

Rajendra Aryal, Perwakilan FAO untuk Indonesia dan Timor Leste, menyoroti pentingnya penanganan penyakit zoonosis secara global melalui kolaborasi yang inovatif. "Dengan mengedukasi calon dokter hewan dan masyarakat tentangzoonosis, kami mengambil pendekatan proaktif untuk mencegahdan mengelola potensi wabah. Kemitraan ini merupakan model kolaborasi One Health, yang menunjukkan bagaimanapemangku kepentingan terkait dari berbagai disiplin ilmu dapatbekerja sama untuk mengatasi tantangan kesehatan global," kata Aryal. FAO terus berkomitmen untuk mendukung kemitraanseperti ini.

Ke depannya, perjanjian ini juga akan memfasilitasiimplementasi program kesadaran zoonosis dan pertukaran data dan informasi antara Kementerian Pertanian, FAO, danUniversitas Gadjah Mada di bidang penyakit zoonosis. Melaluiupaya bersama di bidang pendidikan, penelitian, danketerlibatan masyarakat, kolaborasi ini diharapkan dapatmembawa dampak jangka panjang pada sektor kesehatanmasyarakat di Indonesia dan sekitarnya.

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No. 3 Gedung C Lantai 6 - 9, Ragunan
Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan
Provinsi Daerah Khusus Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset