Pemerintah Kembali Produksi Kapal Khusus Ternak

  • 17 Februari 2016, 08:22 WIB
  • /
  • Dilihat 1675 kali

JAKARTA_Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Ir. Fini Murfiani, M.Si menghadiri acara Peletakan Lunas Kapal (Keel Laying) untuk kapal khusus pengangkut ternak KM Camara Nusantara 2-6 yang diselenggarakan oleh Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan di galangan kapal PT Bahtera Bahari Shipyard Batam pada hari Senin tanggal 15 Februari 2016.

Kontrak pembangunan kapal pengangkut ternak ini telah ditandatangani oleh dua perusahaan galangan kapal pada tanggal 11 Desember 2015 dengan masa kontrak sampai tahun 2017. PT Bahtera Bahari Shipyard Batam akan membangun sebanyak 3 unit kapal, sedangkan PT Adiluhung Saranasegara Indonesia akan membangun 2 unit kapal di Madura, sehingga pada tahun 2017 akan ada 6 kapal khusus pengangkut ternak yang akan beroperasi.

KM Camara Nusantara merupakan kapal pengangkut ternak produksi dalam negeri yang merupakan sebuah maha karya putra putri terbaik Indonesia. Kapal ini dirancang dengan mengacu pada standardisasi dan peraturan internasional, yang diharapkan akan mampu menjadi bagian dari program tol laut yang saat ini dicanangkan oleh pemerintahan Jokowi. Peralatan dan teknologi mutakhir yang terpasang dalam kapal ini dimaksudkan untuk memudahkan operasional dan perawatan kapal.

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Ir. Fini Murfiani, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa KPK mengapresiasi adanya kapal khusus pengangkut ternak ini. KPK juga merekomendasikan untuk dapat membuat kapal khusus pengangkut daging (Reefer Container).

“Kementerian Pertanian sangat mengapresiasi pembangunan kapal khusus ternak Camara Nusantara 2-6 ini”, ungkap Direktur PPHP Ir. Fini Murfiani, M.Si. “Dengan adanya kapal khusus ternak ini diharapkan harga di tingkat peternak dapat meningkat, sedangkan harga di tingkat konsumen dapat ditekan lebih rendah dan terjangkau”, tambahnya.

 

Sumber : Astri Wibawanti, Subbag Kerjasama dan Humas.Bagian Perencanaan.Ditjen PKH

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No. 3 Gedung C Lantai 6 - 9, Ragunan
Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan
Provinsi Daerah Khusus Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset