• Beranda
  • Berita
  • Prospek Pengembangan Integrasi Sapi-Sawit Di Indonesia

Prospek Pengembangan Integrasi Sapi-Sawit Di Indonesia

  • 24 Maret 2014, 14:25 WIB
  • /
  • Dilihat 2098 kali

Kalimantan Tengah khususnya di Kabupaten Kotawaringi Barat-Pangkalan Bun merupakan salah satu sentra produksi pengembangan kelapa sawit terbesar di Indonesia. Banyak perusahaan – perusahan besar di daerah tersebut membuka lahan perkebunan kelapa sawit seperti PT. Astra Agro Lestari Tbk (PT. AAL), PT. Surya Sawit Sejati (PT. SSS) dan Citra Borneo Indonesia (CBI) Group. Perusahan tersebut mempunyai beberapa anak perusahan yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit.

Pada hari Jumat-Sabtu, tanggal 14-15 Maret 2014, Wakil Menteri Pertanian yang didampingi oleh Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, meyempatkan waktunya untuk berkunjung ke lokasi perkebunan kelapa sawit sekaligus melihat secara langsung  model perkebunan kelapa sawit dan prospek pengembangan integrasi sapi-sawit kedepan dengan sistem zero waste. ”Tujuan dan harapannya kedepan adalah untuk memperlihatkan kepada dunia bahwa di Indonesia ada model/praktek pekebunan yang baik”, hal ini disampaikan oleh Wakil Menteri Pertanian diselah-selah kunjungan tersebut.

Turut hadir pada acara tersebut adalah Kepala BIB Lembang, Direktur Tanaman Tahunan Ditjen Perkebunan, Pemda Kabupaten Kota Waringin Barat, Direktur Perusahan Perkebunana Kelapa Sawit dan beberapa wartawan media cetak lokal dan nasional.

Perusahaan perkebunan kelapa sawit yang berintegrasi dengan ternak sapi yaitu Sulung Rench, merupakan anak perusahaan Citra Borneo Indonesia (CBI) Grou berhasil dengan melakukan integrasi sapi-sawit. Saat ini populasi ternaknya sudah mencapai 1200 ekor dengan berbagai macam jenis antara lain Simental, Bali, Limousin, Brahman Cross dan PO.

Rencananya antara bulan April dan Mei 2014, perusahaan tersebut, akan mendatangkan sapi sebanyak 2.500 ekor indukan.

Dengan melihat perkebunan kelapa sawit yang terhampar begitu luas di Provinsi Kalimantan Tengah, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan mengharpkan Pemda setempat dapat mengajak perusahaan – perusahan tersebut untuk mengembangkan integrasi sapi-sawit untuk memproduksi daging sapi. Beliau juga siap mendukung dengan mendatangkan tenaga ahli bidang peternakan secara gratis jika ada perusahaan perkebunan kelapa sawit yang akan berintegrasi dengan sapi.

Sumber.Padjarnain, Titik Triary W. Subbag Kerjasama dan Humas.Bagian Perencanaan.Ditjen PKH

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No. 3 Gedung C Lantai 6 - 9, Ragunan
Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan
Provinsi Daerah Khusus Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset