• Beranda
  • Berita
  • Kunjungan Kerja Menteri Pertanian Ke Bogor, Jawa Barat

Kunjungan Kerja Menteri Pertanian Ke Bogor, Jawa Barat

  • 11 Juli 2013, 15:15 WIB
  • /
  • Dilihat 1233 kali

Bogor - Jawa Barat – Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini Menteri Pertanian dalam mengantisipasi masalah ketersediaan dan harga pangan menjelang puasa/ bulan suci Ramadhan dan lebaran tahun 2013 M/1434 H adalah melakukan kunjugan kerja yang bertujuan untuk memantau dan memastikan kecukupan pasokan pangan strategis, khususnya komoditas daging sapi, ayam dan hortikultura, serta sebagai upaya stabilisasi harga pangan. Kegiatan ini dilaksanakan secara langsung oleh Menteri Pertanian yang didampingi oleh beberapa pejabat Eselon I lingkup Kementerian Pertanian termasuk Direktur pakan Ternak, Kesmavet dan Pascapanen beserta beberapa wartawan dari media cetak dan elektronik.

Lokasi yang dikunjungi adalah Pasar Baru, Peternakan Ayam Pedaging Rakyat dan Pasar Induk Sayuran Kemang Bogor, yang dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 5 Juli 2013. Dalam kunjungan tersebut ditemukan harga sejumlah komoditas mengalami kenaikan seperti harga ayam dan daging sapi. Harga ayam misalnya naik dari Rp. 30.000,- per kg menjadi Rp. 37.000,- bahkan ada yang naik hingga Rp. 40.000,- per kg. Sedangkan harga daging sapi, naik dari Rp. 90.000,- per kg menjadi Rp. 95.000,- per kg, harga ini kemungkinan akan naik menjelang lebaran sekitar Rp. 100.000,- per kg hingga Rp. 110,000,- hal itu disampaikan oleh salah satu penjual daging sapi di Pasar Baru Bogor, yang juga menginformasikan bahwa kenaikan harga tersebut disebabkan menjelang puasa, lebaran dan kenaikan bahan bakar minyak. 

Disela-sela kunjungan tersebut, Menteri Pertanian menghimbau kepada pelaku pasar, untuk tidak menaikkan bahan pangan pokok terlalu tinggi kalau bisa tetap stabil dengan harga sekarang, karena pasokan/stok bahan pangan pokok tersebut cukup tersedia di tingkat petani/peternak. 

Kunjungan kerja Menteri Pertanian di daerah sentra produksi dan pasar diharapkan dapat memberikan shock terapy terhadap para pelaku usaha untuk memanfaatkan situasi dengan mengambil keuntungan di luar batas kewajaran. Selain itu juga diharapkan dapat memberikan kepastian informasi mengenai kondisi pasokan dan stok pangan periode puasa dan lebaran tahun 2013, agar tidak menimbulkan keresahan masyarakat. 

Sumber:padjarnain-titik triary w.subbag.kerjasama dan humas.bagian perencanaan.Ditjen.PKH

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No. 3 Gedung C Lantai 6 - 9, Ragunan
Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan
Provinsi Daerah Khusus Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset