• Beranda
  • Berita
  • Panen Calon Pejantan Unggul Sapi Simmental di BPTU Sapi Potong Padang Mangatas

Panen Calon Pejantan Unggul Sapi Simmental di BPTU Sapi Potong Padang Mangatas

  • 25 Juni 2013, 19:21 WIB
  • /
  • Dilihat 2192 kali

Bukit Tinggi-Padang-Sumatera Barat – “Salah satu rangkaian peringatan Hari Susu Nusantara (HSN) ke 5 tahun 2013 adalah “Panen Calon Pejantan Unggul Sapi Simmental” yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan di BPTU Sapi Potong Padang Mengatas – Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 31 Mei 2013. Hadir pada acara tersebut adalah Menteri Pertanian RI; Direktur Budidaya Ternak; Direktur Perbibitan Ternak; Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Barat, tokoh masyarakat setempat dan perwakilan SMD se-Indonesia.

Beberapa rangkaian acara Panen Pedet/Calon Pejantang Unggul Sapi Simmental/Lauching Bull Simmental antara lain :

  1. Penyerahan surat Keterangan Bibit dari Menteri Pertanian kepada BBIB Singosari (5 ekor), BIB Lembang (6 ekor), BIBD Tuah Sakato (3 ekor), BIBD Ungaran (3 ekor), UPTD Bengkulu (1 ekor), UPTD Jambi (3 ekor), UPTD Sumatera Selatan (2 ekor), dan UPTD Sumatera Utara (3 ekor) dengan total sebanyak 26 ekor.
  2. Penyerahan secara simbolis penguatan/intensif sapi/kerbau bunting oleh Menteri Pertanian kepada 23 kelompok penerima se-Sumatera Barat yang diwakili oleh 5 kelompok yaitu Kelompok Buana Usaha, Kelompok Jaya Bersama, Kelompok Usaha Bersama, Kelompok Aua Sarumpun dan Kelompok Maju Bersama.
  3. Pemberian Surat Keterangan Layak Bibit (SKLB) oleh Gubernur Sumatera Barat kepada kelompok yang melaksanakan prinsip-prinsip pembibitan yaitu Kelompok Sakina, Kelompok Tunas Baru, Kelompok Tunas Muda, Kelompok Bima Simmental dan UPTD BPPMT.


Pada kesempatan tersebut Menteri Pertanian mengharapkan tidak ada lagi impor pada tahun 2013 dengan melihat populasi ternak dan lahan yang cukup tersedia, kalaupun ada impor maksimal hanya 10-15 %. Salah satu kendala yang dihadapi adalah trasportasi, hal itu sudah dikoordinasikan dengan Kementerian Perhubungan dan tahun ini akan ada kapal yang siap angkut sapi.

Disamping kegiatan tersebut diatas, juga dilakukan peninjauan lokasi pembibitan BPTU Padang Mengatas dan UPTD BIB Tuah Sakato/Balai Inseminasi Buatan Daerah (BIBD) Payahkumbuh serta Temu Wicara Sarjana Membangun Desa (SMD) se-Indonesia dengan Bapak Menteri Pertanian, didampingi oleh Direktur Budidaya dan Perbibitan Ternak serta Dirjen P2HP yang dipandu oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat. 

Dalam wawancara tersebut, beliau mengharapkan kepada Sarjana Membangun Desa untuk memanfaatkan peluang yang ada dalam mendukung Program Swasembada Daging Sapi dan Kerbau (PSDSK) dan diminta untuk berfikir menjadi entrepreneurship/pengusaha muda karena peluang pasar masih terbuka lebar baik domestik maupun international. Terkait dengan BULOG yang mengambil alih impor daging, itu hanya sifatnya pengamanan menjelang bulan suci Ramadhan sehingga tidak terjadi inflasi yang tinggi, itupun hanya dilakukan di pusat. Pada dasarnya pemerintah tetap membantu mengatasi persoalan yang ada sehingga swasembada harus tetap disukseskan. 

Sumber:padjarnain-titik triary w.subbag.kerjasama dan humas.bagian perencanaan.Ditjen.PKH

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No. 3 Gedung C Lantai 6 - 9, Ragunan
Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan
Provinsi Daerah Khusus Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset