• Beranda
  • Berita
  • Presiden Dorong Pembangunan Peternakan di Kabupaten Tegal

Presiden Dorong Pembangunan Peternakan di Kabupaten Tegal

  • 01 Maret 2013, 10:08 WIB
  • /
  • Dilihat 1645 kali

Suasana sejuk pegunungan menemani aktifitas perjalanan rombongan Presiden RI beserta Ibu Negara pada kamis sore (21/2) dalam lawatannya di Kabupaten Tegal. Kerumunan warga ikut berkumpul memeriahkan dan telah memadati sekitar lokasi kunjungan dari beberapa jam sebelumnya, termasuk di kandang milik Kelompok Tani Ternak Sido Makmur di Desa Kedaung Kecamatan Bojong kabupaten Tegal yang merupakan salah satu lokasi tujuan kunjungannya.

Kunjungan ini merupakan salah satu rangkaian dari kunjungan kerja Presiden RI ke Kab. Tegal yang sudah dimulai sejak rabu sore (20/2). Sebelumnya Presiden dan Ibu Negara beserta rombongan melakukan pendakian sejauh 850 meter di Bukit Cepu Dusun Krajan Desa Batumirah yang berada di lereng Gunung Selamet Kabupaten Tegal Jawa Tengah. Untuk mencapai tempat acara Presiden dan Ibu Ani menaiki undakan sebanyak 950 anak tangga. Setibanya di lokasi Presiden dan Ibu Ani disambut hangat masyarakat sekitar yang juga terdiri dari kelompok tani ternak. 

Setelah memberi sambutan, Presiden SBY berdialog dengan warga setempat. Pada kesempatan ini Presiden juga memberikan bantuan kepada Kelompok Tani Gemah Ripah sebesar Rp 100 juta, Kelompok Tani Sikrama Rp 100 juta, Lembaga Masyarakat Daerah Hutan Rp 300 juta, dan Wisata Kesehatan Jamu Rp 150 juta. Kemudian kepada Puskesmas Adiwerna sebanyak Rp 150 juta, Madrasah Chairul Huda Rp100 juta, SD Dukuh Benda Rp 100 juta, dan Kelompok Tani Ternak Sido Makmur Rp 100 juta. SBY dan Ibu Ani juga menanam pohon pinus. 

Pemerintah juga memberikan bantuan untuk pengembangan kawasan bawang putih sejumlah Rp 1,125 miliar. Bantuan benih holtikultura, bantuan 30 unit traktor tangan, 14 pompa air, dan batuan budidaya ternak Rp 3,21 miliar. 

Setelah itu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono melakukan panen perdana wortel lokal berjenis Tuwel bersama petani di kawasan Prima Tani Gapoktan Budi Luhur, Desa Tuwel, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal. 

Sesampainya rombongan Presiden dan Ibu Negara di Kelompok Ternak Sido Makmur, rombongan disambut hangat dan meriah. Presiden dan Ibu Negara melihat-lihat proses budidaya ternak yang dilaksanakan di Kelompok Ternak Sido Makmur, mulai dari kandang ternak, proses inseminasi yang dilakukan oleh inseminator, tempat penampungan hijauan pakan, instalasi pembuatan kompos dan instalasi pengolahan biogas. 

Kelompok tani ternak Sido makmur ini adalah salah satu kelompok penerima kegiatan Pengembangan Pembibitan Sapi Potong APBNP tahun 2010 dengan nilai paket sebesar 435 juta rupiah. Realisasi awal kegiatan yaitu ternak bibit sebanyak 40 ekor, pembuatan kompos, pengelolaan limbah menjadi biogas , bimtek dan magang peternak. Pada saat kunjungan, ternak sapi sudah berjumlah 80 ekor. Kelompok tani ternak ini juga bekerjasama dengan perum perhutani untuk pemanfaatan lahan 20 ha sebagai area penanaman hijauan pakan ternak. 

Presiden dan Ibu Ani menyambut hangat para peternak yang mengajak bersalaman dan berfoto bersama, Presiden berpesan kepada Peternak untuk turut mensukseskan program Swasembada Daging Sapi. 

Turut dalam Kunjungan ini Menteri Pertanian Suswono, Mensesneg Sudi Silalahi, Mendikbud Muhammad Nuh, Mendag Gita Wirjawan, Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, Kapolri Jenderal Timur Pradopo, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan , serta Gubernur Jateng Bibit Waluyo. 

(Ismatullah Salim, S.Pt; Astri Wibawanti Putri, S.Sos; Titik Triary W, S.Pt – Subbag Kerjasama dan Humas, Ditjen PKH) 

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No. 3 Gedung C Lantai 6 - 9, Ragunan
Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan
Provinsi Daerah Khusus Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset