• Beranda
  • Berita
  • FORUM PENGELOLA WEBSITE LINGKUP DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN TAHUN 2013

FORUM PENGELOLA WEBSITE LINGKUP DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN TAHUN 2013

  • 06 Februari 2013, 11:19 WIB
  • /
  • Dilihat 1461 kali

Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan lembaga pemerintah melalui penyediaan informasi berbasis website, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) c.q Sekretariat Ditjen PKH pada tanggal 4 – 6 Februari 2013 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan kegiatan pertemuan Forum Pengelola Website Lingkup Ditjen PKH Tahun 2013, kegiatan dihadiri oleh sejumlah peserta yang merupakan utusan dari 22 Unit Pelaksana Teknis (UPT) lingkup Ditjen PKH dan 15 Dinas/Kelembagaan yang Membidangi Fungsi Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi terpilih. Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Ditjen PKH dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bagian Evaluasi dan Pelaporan Ir. Sri Widayati, MMA. 

Kegiatan ini untuk pertamakalinya dilaksanakan Ditjen PKH mengingat saat ini telah terjadi perkembangan yang amat pesat pada peranan serta fungsi teknologi informasi dan komunikasi. Perkembangan yang pesat ini antara lain disebabkan tuntutan untuk mengolah informasi secara cepat, tepat, efektif dan efisien sehingga dapat membantu manusia didalam mengerjakan tugas dan pekerjaan dalam jumlah yang banyak dan besar. Selain itu salah satu media teknologi informasi yang saat ini banyak dimanfaatkan di dunia adalah internet. Berdasarkan data dari Internet Worldstats, pada tahun 2012 terdapat sekitar 2,41 milyar penduduk yang menggunakan internet, atau sekitar 34,3% dari populasi dunia yang berjumlah sekitar 7,02 milyar. Jumlah pengguna internet ini meningkat sebesar 566,4% dibandingkan tahun 2000 yang masih berjumlah 361 juta pengguna. Data dari Internet Worldstats juga memperkirakan di Indonesia terdapat sekitar 55 juta pengguna internet pada tahun 2012, atau sekitar 22,12% dari total penduduk yang diperkirakan sekitar 248,6 juta penduduk. Jumlah pengguna internet di Indonesia ini meningkat fantastis dibandingkan pada tahun 2000 yang diperkirakan hanya sebesar 2 juta penduduk. 

Terkait dengan penerapan teknologi informasi di bidang pemerintahan, telah terbit Instruksi Presiden (INPRES) Nomor 3 Tahun 2003 Tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government sebagai upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan kepemerintahan yang berbasis elektronik dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisien. Melalui pengembangan E-Government dilakukan penataan sistem manajemen dan proses kerja di lingkungan pemerintah dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi. Pemanfaatan teknologi informasi tersebut mencakup 2 (dua) aktivitas yang berkaitan yaitu : (1) pengolahan data, pengelolaan informasi, sistem manajemen dan proses kerja secara elektronis; dan (2) pemanfaatan kemajuan teknologi informasi agar pelayanan publik dapat diakses secara mudah dan murah oleh masyarakat. 

Besarnya jumlah penduduk yang mengakses internet serta pertumbuhan pengguna internet yang meningkat secara signifikan dan dengan memperhatikan INPRES yang telah diterbitkan maka Ditjen PKH melihat hal ini sebagai peluang dan kewajiban intansi pemerintah yang perlu dioptimalkan dalam rangka diseminasi informasi publik dan peningkatan kinerja organisasi dalam mendukung pembangunan peternakan dan kesehatan hewan. 

Dengan diselenggarakannya kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi UPT lingkup Ditjen PKH serta Dinas/Kelembagaan yang membidangi fungsi peternakan dan kesehatan hewan untuk memanfaatkan teknologi informasi melalui website sebagai media diseminasi informasi kepada publik dan sarana peningkatan kinerja organisasi. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi forum untuk saling tukar informasi terkait dengan kebijakan, regulasi dan pengelolaan website pemerintah sekaligus mendukung percepatan pelaksanaan E-Government dan reformasi birokrasi. 

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No.3
Gedung C Lt 6 - 9, Ragunan, Kec. Pasar Minggu,
Kota Jakarta Selatan, Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset