• Beranda
  • Berita
  • Kunjungan Kerja Menteri Pertanian Ke Kabupaten Garut Jawa Barat

Kunjungan Kerja Menteri Pertanian Ke Kabupaten Garut Jawa Barat

  • 01 Maret 2012, 06:17 WIB
  • /
  • Dilihat 1645 kali

Garut - Pada hari Jum’at tanggal 24 Februari 2012, Menteri Pertanian beserta para pejabat lingkup eselon I terkait bersama dengan serta para pejabat daerah Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Garut melakukan kunjungan kerja ke beberapa sentra produksi pertanian di Garut. Kunjungan diawali dengan peresmian Pasar Tani di Jalan Pembangunan pusat Kota Garut. Dalam kunjungan tersebut Menteri Pertanian meninjau stand para peserta termasuk stand Dinas Peternakan dan Kelautan Kab Garut. 

Setelah sholat Jum’at, Menteri Pertanian berkunjung ke Kelompok Ternak Bina Karya yang merupakan kelompok penerima SMD tahun 2009 , terletak di desa Kolot Kec Cigedug. Dalam kesempatan tersebut, Menteri Pertanian di dampingi oleh staf Ahli Menteri dan Direktur Budidaya Ternak Ir. Fauzi Luthan beraudiensi dengan para anggota SMD. Domba Garut merupakan plasma nutfah langka di dunia karena postur tubuhnya mirip dengan Bison dari Amerika. Domba jantan dapat memiliki berat sekitar 60 – 80 kg bahkan ada yang dapat mencapai lebih dari 100 kg. Salah satu domba garut jantan milik anggota kelompok pernah ditawar sampai 34 juta rupiah. Salah satu kendala bagi para anggota kelompok ternak adalah faktor keamanan yang masih lemah. Mengingat domba garut memiliki nilai jual tinggi menyebabkan banyaknya pencurian yang terjadi di sekitar wilayah peternakan. 

Perjalanan kunjungan kerja Menteri Pertanian dilanjutkan ke sentra susu sapi KPGS (Koperasi Peternakan Garut Selatan) di jl raya desa Cibodas Kecamatan Cikajang dan lokasi UPPO (Unit Pengolahan Pupuk Organik) di Wanaraja. Di sentra susu KPGS, Bapak Menteri menyempatkan diri mencicipi produk susu dari KPGS yang sudah dipasarkan ke berbagai supermarket di wilayah Jawa Barat dan sekitarnya. Selain itu beliau juga mengunjungi pabrik dan berbincang-bincang dengan beberapa pekerja disana. 

Kunjungan kerja hari itu diakhiri dengan mengunjungi UPPO, pengolahan pupuk organik yang berasal dari kotoran sapi. Dalam kunjungan tersebut para peternak menyampaikan agar di Garut dapat dibuat pasar ternak sehingga dapat menggairahkan sektor peternakan di Garut. 

(Astri-Subbag Kerjasama dan Humas-Ditjen Peternakan dan Keswan)

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No. 3 Gedung C Lantai 6 - 9, Ragunan
Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan
Provinsi Daerah Khusus Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset