• Beranda
  • Berita
  • Pemerintah Fokus Tingkatkan Populasi dan Produktivitas dalam Pengembangan Industri Susu di Indonesia

Pemerintah Fokus Tingkatkan Populasi dan Produktivitas dalam Pengembangan Industri Susu di Indonesia

  • 21 November 2016, 08:40 WIB
  • /
  • Dilihat 1896 kali

(Bogor, 17/11)  Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner, Sri Mukartini menjadi nara sumber pada Inception workshop terkait rantai pasok susu di Indonesia yang bertema “ Improving milk Supply, Competitiveness and Live hoods in Smallholder Dairy Chains in Indonesia pada tanggal 17 November 2016 di IPB Convention Centre Bogor. Kegiatan penyelenggaraan Workshop ini sebagai rangkaian kegiatan penelitian dari kerjasama antara Sekolah Bisnis IPB, Pusat Penelitian Pembangunan Peternakan dan Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Pertanian (PSEKP) dengan ACIAR Adelaide University dan Dairy Australia dalam rangka  mendukung pengembangan  persusuan nasional.

Workshop dihadiri perwakilan dari ACIAR, Kementerian Koordinator Perekonomian (Kemenko Perekonomian), Badan Litbang Pertanian, Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Pelaku Usaha Persusuan; dan Para Asosiasi dan Peternak Sapi Perah.

Terkait pengembangan industri persusuan di Indonesia, Pemerintah telah melakukan launching  Cetak Biru Persusuan Indonesia 2013 - 2025 pada tanggal 24 Februari 2014 di Jakarta.  Cetak Biru tersebut sebagai panduan untuk mengembangkan industri persusuan nasional, dimana salah satu arahan kebijakan yang tertuang di dalamnya adalah penguatan koordinasi dan sinergitas lintas sektor.

Direktur Kesmavet menyampaikan bahwa dalam pembangunan persusuan di Indonesia peranan sumber daya manusia (SDM) sangat vital, sehingga peningkatan kualitas dan daya saing SDM bangsa di era global sekarang ini sangat penting. Selain itu, juga perlu dilakukan strategi untuk meningkatan produktivitas sapi perah dalam pengembangan industri susu di Indonesia sesuai dengan tupoksi Ditjen PKH. “Dalam upaya pengembangan persusuan nasional, Ditjen PKH mengambil kebijakan Strategi yakni peningkatan populasi dan produktivitas sapi perah” tegasnya.

Sri Mukartini menyampaikan bahwa langkah-langkah yang dilakukan dalam peningkatan populasi yakni:

  1. Penyelamatan pedet betina dalam rangka rearing melalui Penjaringan pedet betina pada peternak/kelompok; Rearing BPTU, Membangun/mengembangkan tempat rearing baik di UPT/D, peternak/kelompok; Pembinaan pada peternak/kelompok, dan Penguatan modal usaha kelompok dalam rangka rearing.
  2. Import Bibit Sapi Perah akan dikirim ke Provinsi Sumbar,  Sumut, Jabar, Jateng, Jatim, Sulsel dikembangkan ke kelompok peternak atau perusahaan; pemberian fasilitasi kredit bersubsidi (KKPE) bagi kelompok, koperasi atau perusahaan; Pengadaan bibit sapi perah unggul untuk dikembangkan di UPT.
  3. Pengembangan Sentra Baru salah satunya melalui pembangunan usaha sapi perah diluar P. Jawa yg terintegrasi dari hulu sampai hilir; sehingga menciptakan iklim usaha yg kondusif untuk pengembangan industri pengolahan susu diluar P. Jawa.

Selain itu dalam peningkatan produktifitas sapi perah  dilakukan melalui Optimalisasi IB  dan optimalisasi Transfer Embrio (TE); Uji Zuriat sapi perah; Penerapan aplikasi data base sistem sapi perah (SISI), Penyediaan dan pengembangan pakan, Penanganan Kesehatan Hewan, Peningkatan keamanan dan kualitas susu segar serta Komunikasi/ informasi dan edukasi konsumsi susu segar.

Selanjutnya disampaikan juga bahwa untuk pengembangan wawasan SDM Peternak dan Petugas teknis, Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan bekerjasama dengan Balai Peternakan dan kesehatan Hewan Batu, dan Balai Pelatihan Peternakan sapi perah Cikole Lembang Jawa Barat.  ”Bimbingan Teknis diikuti peserta sebanyak masing-masing 80 orang  setiap tahun” tutupnya.

 

(Sumber: Reno Sari, S.Pd, Yuliana Susanti, S.Pt, MSi- Tim Humas Ditjen PKH)

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No.3
Gedung C Lt 6 - 9, Ragunan, Kec. Pasar Minggu,
Kota Jakarta Selatan, Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset