• Beranda
  • Berita
  • Akademisi IPB Sampaikan Penyakit Jembrana pada Sapi Bali Tidak Menular ke Manusia

Akademisi IPB Sampaikan Penyakit Jembrana pada Sapi Bali Tidak Menular ke Manusia

  • 28 Februari 2023, 15:22 WIB
  • /
  • Dilihat 6504 kali
  • /
  • humaspkh

Bogor,_ Dosen Divisi Kesmavet dan Epidemiologi pada Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis IPB University, Denny Widaya Lukman menyampaikan, agar masyarakat tidak perlu khawatir mengkonsumsi daging sapi yang tertular penyakit Jembrana karena penyakit Jembrana tidak menular ke manusia.

“Penyakit Jembrana tidak dapat ditularkan dari sapi ke manusia, artinya penyakit ini tidak bersifat zoonotic,” ungkap Denny yang juga merupakan Anggota Komisi Ahli Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat Veteriner, dan Karantina Hewan Kementerian Pertanian. “Jika orang berdekatan dengan sapi yang sakit atau mengkonsumsi daging sapi tertular jembrana, maka orang tidak akan tertular,” imbuhnya menerangkan melalui keterangan tertulisnya pada hari ini Selasa (28/02).

Denny menjelaskan, penyakit Jembrana merupakan penyakit menular hanya pada sapi Bali (tidak menular ke sapi jenis lain) yang disebabkan oleh virus. Ia sebutkan, penyakit Jembrana hanya ditularkan di antara Sapi Bali melalui kontak langsung atau dapat ditularkan melalui lalat.

“Jadi, jika daging berasal dari Sapi Bali yang tertular penyakit Jembrana, maka orang yang mengonsumsinya tidak akan sakit atau tertular oleh virus tersebut”, ungkap Denny.

Ia pun menjelaskan, virus Penyakit Jembrana tidak tahan dengan pemasakan daging. “Virus dapat “dimatikan” dengan pemanasan (dimasak) pada suhu minimal 55 derajat Celcius selama minimal 15 menit, artinya dengan merebus daging atau memanggang daging maka virus akan mati,” ujarnya menuturkan.

Lebih lanjut Denny menjelaskan, untuk menjamin keamanan dan kelayakan daging yang dikonsumsi masyarakat, maka daging sapi sebaiknya yang berasal dari Rumah Potong Hewan (RPH) resmi. Menurutnya, daging tersebut berasal dari sapi yang telah diperiksa kesehatannya sebelum dipotong, serta diperiksa daging dan jeroannya oleh Dokter Hewan, sehingga daging dijamin kesehatan dan kebersihannya.

“Daging yang berasal dari Rumah Potong Hewan resmi ditandai dengan adanya “cap” pada permukaan daging,” ungkap Denny.

Ia pun mengajak masyarakat agar konsumen tidak perlu khawatir dan takut mengonsumsi daging dengan membeli daging pada kios dan pedagang langganan atau kios resmi. “Masaklah daging dengan baik agar kita terhindar dari kuman-kuman penyakit seperti kuman penyebab diare,” Imbuh Denny.

“Saya memberikan apresiasi terhadap upaya Kementerian Pertanian (Kementan) yang bergerak cepat melakukan pengendalian Jembrana dengan melaksanakan tindakan-tindakan pengendalian dan penanggulangan PMK," kata Denny. “Saya lihat pendampingan dan koordinasi secara intensif terus dilakukan, terutama dalam melakukan kegiatan KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) kepada masyarakat dan peternak agar penyakit ini segera terkendali,” pungkasnya.

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No.3
Gedung C Lt 6 - 9, Ragunan, Kec. Pasar Minggu,
Kota Jakarta Selatan, Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset