• Beranda
  • Berita
  • Wow! Ditjen PKH Borong Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik Kementan 2023

Wow! Ditjen PKH Borong Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik Kementan 2023

  • 20 Desember 2023, 06:40 WIB
  • /
  • Dilihat 248 kali
  • /
  • humaspkh

Bogor_Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) berhasil meraih peringkat ke-2 sebagai Unit Kerja Eselon I Terinformatif lingkup Kementerian Pertanian. Selain itu, komitmen pimpinan Ditjen PKH juga diakui oleh para juri dengan keberhasilan Dirjen PKH, Nasrullah meraih penghargaan kategori khusus sebagai pemimpin dengan komitmen terbaik. Tidak berhenti disitu saja, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) terbaik juga diraih oleh Aldy Rezqillah petugas PPID dari BBIB Singosari.

Beberapa penghargaan lain juga diraih oleh Unit Pelaksanan Teknis (UPT) dibawah Ditjen PKH, seperti peringkat 2 kategori eselon II (BBIB Singosari), peringkat 3 kategori eselon II (Pusvetma Surabaya), peringkat 1 kategori eselon III (BET Cipelang), peringkat ke 2 kategori eselon III (BPMSPH Bogor), kategori khusus pelayanan informasi publik terbaik (BBPTU-HPT Baturraden), dan kategori khusus website terbaik (BBIB Singosari)

Dalam acara penganugerahan tersebut, Dirjen PKH, Nasrullah tidak lupa menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada para petugas PPID lingkup Ditjen PKH yang telah bekerja keras melaksanakan amanat Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik ini.

“Penghargaan ini adalah penghargaan untuk kita semua, khususnya untuk semua pejabat PPID di lingkup Ditjen PKH yang sudah berusaha keras mewujudkan keterbukaan informasi publik. Ke depan dengan adanya keterbukaan data dan informasi bagi masyarakat/publik yang diberikan oleh PPID lingkup Ditjen PKH, diharapkan dapat meningkatkan peran masyarakat dalam pembangunan peternakan dan kesehatan hewan,” ungkap Nasrullah.

Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik lingkup Kementerian Pertanian Tahun 2023 yang dilaksanakan pada hari Rabu, 20 Desember 2023 di IPB ICC Bogor Jawa Barat ini dilaksanakan dalam rangka memberikan apresiasi kepada pejabat dan unit kerja yang telah bekerja keras mewujudkan keterbukaan informasi publik yang transparan, akuntabel dan efektif.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian Kuntoro Boga Andri dalam sambutannya mengatakan bahwa Kementerian Pertanian telah empat kali meraih penghargaan dari Komisi Informasi Pusat sebagai salah satu Kementerian dengan Keterbukaan Informasi Publik Terbaik berturut-turut, yaitu pada tahun 2020, 2021, 2022 dan 2023.

“Keberhasilan Kementerian Pertanian meraih penghargaan dari Komisi Informasi Pusat ini tidak lepas dari kerja keras petugas PPID dan komitmen pimpinannya untuk dapat melaksanakan keterbukaan informasi publik secara cepat, tepat, akurat dan transparan,” ungkap Boga.

Lebih lanjut Boga juga menjelaskan bahwa pemeringkatan ini merupakan bagian dari monitoring dan evaluasi untuk memantau kualitas implementasi keterbukaan informasi publik di UK/UPT selama kurun waktu 1 tahun terakhir, mengidentifikasi dan menginventarisasi permasalahn yang timbul, memberikan umpan balik dan solusi pemecahan atas permasalahan yang timbul, dan juga melakukan standarisasi pengelolaan dan pelayanan sesuai dengan Permentan 32 Tahun 2011 sebagaimana telah diubah dengan Permentan 25 Tahun 2016.

Komisioner dari Komisi Informasi Pusat, Rospita Vici Paulyn dalam kesempatan yang sama juga menyampaikan apresiasinya atas dukungan Kementerian Pertanian dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik ini.

“Informasi merupakan hak konstitusional masyarakat yang harus dipenuhi oleh Pemerintah, dan Kementan telah menunjukkan komitmen yang luar biasa untuk hal ini”, ungkap Rospita.

Semoga dengan keterbukaan informasi publik ini dapat mendorong masyarakat luas untuk ikut partisipasi dalam menggunakan hak atas informasi serta turut mengawasi proses implementasi dan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah.

“Karena kunci keberhasilan keterbukaan informasi publik adalah kolaborasi antara pemerintah, masyarakat dan pemangku kepentingan,” pungkasnya.

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No. 3 Gedung C Lantai 6 - 9, Ragunan
Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan
Provinsi Daerah Khusus Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset