• Beranda
  • Berita
  • Tingkatkan Kinerja, Sekretariat Ditjen PKH Lakukan Audit Internal Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008

Tingkatkan Kinerja, Sekretariat Ditjen PKH Lakukan Audit Internal Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008

  • 24 Juni 2016, 10:40 WIB
  • /
  • Dilihat 1622 kali

Jakarta (21/06/2016) Dalam rangka meningkatkan kinerja dan performa penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 Sekretariat Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan telah melaksanakan Audit Internal ISO 9001:2008 Lingkup Sekretariat Ditjen PKH. Pelaksanaan audit internal yang biasanya diawali dengan opening meeting secara resmi dibuka oleh Sekretaris Ditjen PKH dan dihadiri oleh Wakil Manajemen/Managemen Representatif (MR), Kepala Bagian dan Kepala Subbagan Lingkup Sekretariat Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan dan Tim Auditor ISO 9001:2008 pada tanggal 20 Juni 2016 di ruang rapat Sekretaris Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan. Pelaksanaan Audit internal ini dilaksanakan pada tanggal 20 Juni 2016.

Sekretaris Ditjen PKH, Dr. Ir. Riwantoro, MM menyampaikan bahwa pelaksanaan audit internal ini memiliki peranan penting dalam mendukung pelaksanaan kinerja sebuah organisasi, tanpa dilakukan auditor internal, perbaikan sistem tentunya akan sulit untuk dicapai, terutama jika sistem tersebut berjalan apa adanya tanpa adanya upaya untuk melakukan evaluasi dan perbaikan.

Dalam pertemuan tersebut, Wakil Manajemen Representative, Drh Ida Lestari memberikan motivasi kepada Tim Auditor untuk lebih semangat dalam melakukan audit.  Selain itu beliau juga mengingatkan kembali tentang beberapa hal yang menjadi tanggung jawab dan tugas Auditor. “Tim Auditor merupakan aktor penting yang menentukan kesuksesan dalam pelaksanaan kegiatan audit internal ini” ujarnya.

Audit internal pada tahun 2016 ini merupakan audit yang dilakukan ke-4 kalinya. Pada opening meeting, wakil manajemen/managemen representative menerangkan tujuan dilakukannya audit dan bagian - bagian mana yang perlu diaudit. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa sehubungan dengan adanya perubahan struktur organisasi yang baru di lingkup Sekretariat Ditjen PKH, maka perlu adanya penyesuaian dalam pelaksanaan audit kali ini. Terutama adanya perubahan nama pada 2 Bagian dari 4 bagian yang ada di Sekretariat Ditjen PKH.

Pada opening meeting tersebut diperkenalkan juga nama-nama tim auditor yang akan mengaudit di setiap bagian di lingkup Sekretariat Ditjen PKH dengan tujuan agar masing-masing tim dapat saling berkoordinasi sebelum pelaksanaan audit. Selanjutnya masing-masing tim Auditor diminta langsung melakukan audit ke masing-masing bagian sesuai dengan pembagian tugasnya masing-masing. Setelah dilakukan Audit internal oleh Tim Auditor, diharapkan agar segera menyampaikan laporan hasil temuan audit internal kepada wakil manajemen.  Hasil temuan tersebut harus segera ditindaklanjuti oleh auditee, dimana Auditee harus diberi tenggat waktu tertentu agar proses perbaikan tidak dibiarkan berlarut-larut.

Selanjutnya pada tanggal 21 Juni 2016 dilaksanakan Closing Meeting yang dihadiri oleh narasumber yaitu Ir. Arif Syawaladi, Presiden Direktur QSCert Indonesia di Ruang Rapat Sekretariat Ditjen PKH.  Pada kesempatan tersebut, disampaikan juga semua hasil temuan dari para Auditor selama proses audit, dan selanjutnya dilakukan pembahasan mengenai resertifikasi sistem ISO 9001:2008 menjadi ISO 9008:2015 di lingkup Sekretariat Ditjen PKH. Sertifikat ISO 9008:2008 sudah habis masa berlakunya pada tanggal 18 Juli 2016, sehingga selanjutnya Sekretariat Ditjen PKH akan memiliki sertifikat ISO 9001:2015.

"Untuk perubahan sistem manajemen mutu dari ISO 9001:2008 ke ISO 9008:2015, perlu komitmen kuat dari setiap bagian karena setiap bagian harus bertanggung jawab atas bagiannya masing-masing” tutup Bapak Arif.

 

(Reno Sari, S.Pd, Asih Eka S.Pt, Yuliana Susanti, S.Pt, MSi. – Humas Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementan)

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No. 3 Gedung C Lantai 6 - 9, Ragunan
Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan
Provinsi Daerah Khusus Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset