• Beranda
  • Berita
  • Kapal Khusus Ternak Sapi Tiba Perdana di Jakarta Hari Ini

Kapal Khusus Ternak Sapi Tiba Perdana di Jakarta Hari Ini

  • 12 Desember 2015, 09:00 WIB
  • /
  • Dilihat 1387 kali

Pemerintah menata distribusi pengangkutan sapi dengan menggunakan kapal dari Nusa Tenggara Timur. Kapal yang mengangkut ratusan ekor sapi tersebut dijadwalkan perdana bakal tiba di Jakarta hari ini.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyatakan, pemanfaatan kapal khusus ternak yang menghubungkan antar pulau atau yang disebut tol laut ini, diharapkan dapat membantu pemenuhan kebutuhan sapi di daerah konsumsi oleh daerah sentra produksi.

Pengangkutan ternak sapi dengan pelayaran perdana kapal ternak KM Camara Nusantara 1 telah dilakukan pada Minggu, 6 Desember 2015 pukul 01.00 WITA dari Pelabuhan Tenau Kupang NTT dan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada Jumat, 11 Desember 2015.

"Jumlah ternak yang dikirim menggunakan kapal ternak ini adalah sebanyak 353 ekor dengan jenis ternak sapi Bali jantan yang memiliki rata-rata bobot hidup 250 kg-350 kg dan diperkirakan rata-rata produksi daging sapi per ekor adalah 125 kg," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (11/12/2015).

Amran menjelaskan, pengawalan ternak selama perjalanan dari Kupang menuju Jakarta dilakukan oleh petugas kesehatan hewan sebanyak 7 orang yang berasal dari BBVet Denpasar sebanyak 5 orang dan Karantina Pertanian Kelas I Kupang sebanyak 2 orang.

Kapal pengangkut ternak KM Camara Nusantara 1 yang memiliki 500 ruang untuk sapi dan memiliki standar Internasional akan terus dimanfaatkan untuk pengiriman ternak dari wilayah produsen ternak seperti NTT, NTB dan Jawa Timur ke daerah konsumsi yakni Jabodetabek.

Pengiriman sapi dari daerah produsen dengan memanfaatkan kapal angkut ternak atau pemanfaatan tol laut ke daerah konsumsi ini diharapkan dapat maksimal karena diyakini mampu menekan harga distribusi sapi.

"Harga bobot hidup sapi di NTT yang dikirim ke Jakarta adalah Rp 30.000 per kg berat hidup. Pembelian ternak dari NTT ke DKI Jakarta dilakukan oleh Bulog yang dalam hal ini diwakili oleh Dolog (depot logistik)," kata dia.

Ternak selanjutnya akan dikirim ke Kandang ternak lokal di Jalan Andini Sakti desa Gandasari kecamatan Cikarang Barat, Bekasi Jawa Barat milik Perum Bulog. Pemulihan ternak akan dilakukan selama 2 (dua) hari di kandang penampungan Dolog, dan untuk selanjutnya sapi dapat dimanfaatkan oleh pembeli sebagai sapi bakalan dan siap potong.

 

Sumber : https://bisnis.liputan6.com/read/2387266/kapal-khusus-ternak-sapi-tiba-perdana-di-jakarta-hari-ini

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No.3
Gedung C Lt 6 - 9, Ragunan, Kec. Pasar Minggu,
Kota Jakarta Selatan, Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset