• Beranda
  • Berita
  • Pakai Kapal Khusus Ternak, 5 Provinsi Siap Pasok Sapi ke DKI

Pakai Kapal Khusus Ternak, 5 Provinsi Siap Pasok Sapi ke DKI

  • 16 November 2015, 15:29 WIB
  • /
  • Dilihat 1134 kali

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok hari ini bertemu dengan 5 Pemerintah Provinsi di Kantor Kementerian Pertanian. Dalam pertemuan yang berlangsung kurang dari 30 menit ini menyepakati kerjasama pengedaan sapi ke Jakarta dari 5 Provinsi penghasil sapi.

Sebanyak 5 provinsi tersebut adalah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Lampung, dan Jawa Timur‎.

"‎Kerjasama ini adalah untuk pengadaan sapi dari 5 provinsi. Nanti pengadaan sapi dari 5 provinsi dilakukan oleh BUMD-nya (Badan Usaha Milik Daerah) DKI Jakarta," ujar Menteri Pertanian Amran Sulaiman yang menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman kerjasama tersebut di Kantornya, Jumat (13/11/2015).

Amran mengatakan, Provinsi DKI Jakarta membutuhkan pasokan sapi rata-rata per bulan mencapai 60.000 ekor. Tingginya kebutuhan sapi tersebut kat‎a Amran menjadikan Jakarta sebagai konsumen daging sapi impor terbesar di tanah air. "70% impor itu masuk ke Jakarta," ujar Amran.

Kerjasama ini akan disinergikan dengan program tol laut yang digagas Presiden Jokowidodo (Jokowi). "Saat ini ada 6 kapal yang disediakan khusus untuk angkut sapi. Jadi nanti sapi-sapi dari NTT, NTB dan lainnya diangkut dengan kapal itu," sambung Amran. Dengan kerjasama ini maka konsumsi sapi impor dapat dikurangi.

Selama ini, kata Amran, sebenarnya pasokan sapi dalam negeri bisa mencukupi kebutuhan nasional. Hanya saja, ada kendala pada distribusi pengangkutan dari sentra-sentra peternakan sapi ke daerah konsumen sapi sehingga opsi impor lebih dipilih untuk memenuhi kebutuhan sapi selama ini.

‎Seperti diketahui, Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengelar pertemuan dengan enam gubernur/perwakilan pemda membahas pengadaan komoditi pangan strategis di enam lokasi tersebut.

Hadir dalam pertemuan tersebut adalah Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Gubernur NTT Frans Lebu Raya, Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi‎, dan perwakilan dari Provinsi Lampung, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan.

 

Sumber : https://finance.detik.com/read/2015/11/13/173052/3070540/4/pakai-kapal-khusus-ternak-5-provinsi-siap-pasok-sapi-ke-dki

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No. 3 Gedung C Lantai 6 - 9, Ragunan
Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan
Daerah Khusus Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset