• Beranda
  • Berita
  • Ditjen Peternakan Dan Kesehatan Hewan Targetkan Peningkatan Kinerja Melalui Perbaikan SPI

Ditjen Peternakan Dan Kesehatan Hewan Targetkan Peningkatan Kinerja Melalui Perbaikan SPI

  • 09 Juni 2014, 10:16 WIB
  • /
  • Dilihat 1472 kali

Bandung –Forum Sistem Pengendalian Intern (SPI) Nasional  Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan telah dilaksanakan pada tanggal 2-4 Juni 2014 di Park Hotel Bandung. Pertemuan tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan yang dihadiri oleh para Pembina SPI Pemerintah; Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan RI yang diwakili oleh Direktur Pengawasan Produksi dan Sumber Daya Alam; Pembina SPI Kementan, Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian; Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat; Tim Satlak PI Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan; Tim Satlak PI Dinas/Kelembagaan yang Membidangi Fungsi Peternakan dan Kesehatan Hewan di Propinsi seluruh Indonesia; dan Tim Satlak PI Unit Pelaksana Teknis (UPT) lingkup Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Dalam sambutannya Sekretaris Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan mengingatkan bahwa dalam penyelenggaraan pemerintahan dewasa ini, telah terjadi pergeseran paradigma dari rule government menjadi good governance. Paradigma good governance tidak hanya terbatas pada penggunaan peraturan perundang-undangan yang berlaku, tetapi juga penerapan prinsip penyelenggaraan pemerintahan yang baik, yang melibatkan unsur-unsur internal dan eksternal birokrasi. Dengan demikian instansi pemerintah dituntut untuk mampu mengelola keuangan negara yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel. Sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008, tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).  Oleh karena itu Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan sebagai salah satu unit kerja eselon I di Kementerian Pertanian berkomitmen dalam melaksanakan SPI. Sebagai langkah dalam mendukung pelaksanaan tersebut, Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan  memberikan reward melalui pemberian penghargaan bagi unit kerja yang mampu menjalankan SPI dengan baik.

Pada pertemuan itu, disampaikan kiat-kiat memperbaiki kinerja melalui optimalisasi dan peningkatkan kualitas penerapan SPI bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan  dengan narasumber yakni Agus Setianto,  Ak, CA, CFrA - Direktur PengawasanProduksi  dan Sumber Daya Alam, Deputi Perekonomian BPKP dan Heni Nugraha R.S. - Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian. Pada pertemuan tersebut dilaksanakan workshop yang dimaksudkan untuk menggali kendala/permasalahan yang ada dalam implementasi SPI agar mendapatkan solusi dan tindak lanjutnya.

Forum Sistem Pengendalian Intern (SPI) Nasional  juga menghasilkan 6 (enam) butir kesepakatan sebagai bentuk wujud komitmen terhadap implementasi SPI di Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, dalam mendorong dan meningkatkan kualitas implementasi SPI di UPT lingkup Ditjen PKH dan Dinas/Kelembagaan yang Membidangi Fungsi Peternakan dan Kesehatan Hewan di Provinsi.

(Sumber : Reno Sari, S.Pd, Titik Triary W, S.Pt - Subbag Kerjasama dan Humas, Ditjen PKH)

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No. 3 Gedung C Lantai 6 - 9, Ragunan
Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan
Daerah Khusus Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset