Sorgum Prospek Sebagai Pakan Unggas

  • 30 Mei 2013, 07:24 WIB
  • /
  • Dilihat 6107 kali

Peningkatan permintaan biji gandum sebagai bahan pangan, pakan dan produksi bahan bakar menyebabkan harga meningkat . Oleh sebab itu perlu dilakukan penelitian untuk mencari subsitusi menggantikan gandum dan jagung. Dilakukan penelitian di Universitas Faisalabad (Pakistan) mengenai sorghum dengan berbagai varietas walaupun dikabarkan pada sorghum terdapat kandungan tanin (anti nutrisi). Pada penelitian ini digunakan tujuh varietas sorghum dan digunakan sebagai campuran pakan serta diberikan secara ekstensif pada ternak unggas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) penggunaan varietas sorghum dengan kandungan tanin yang rendah dianjurkan untuk produksi telur ; 2) Penggunaan biji sorghum sampai dengan 1% dapat digunakan pada pakan unggas ; 3) Menghindari penggunaan sorghum 2 s/d 3% dalam pakan karena menyebabkan kandungan tanin semakin banyak, hal tersebut meningkatkan bercak darah pada telur selain itu juga menurunkan pigmentasi pada kaki, paruh, dan kuning telur karena pada biji sorghum kandungan xanthophyll rendah, menghambat pertumbuhan. Kandungan tanin 3 s/d 7% dalam pakan sangat tidak dianjurkan karena dapat meningkatkan kematian pada unggas. 

Tanin berpengaruh pada protein yang dihasilkan pada telur meliputi albumin, globulin selain itu juga berpengaruh pada metabolisme liver. Namun demikian ada hal positif juga dengan adanya kandungan tanin pada pakan yaitu menurunnya kandungan kolesterol pada telur dan tidak berpengaruh pada hormon pertumbuhan, hanya penggunaannya dianjurkan tidak boleh lebih dari 1% dalam pakan. 

Sorgum ke depannya prospek untuk subsitusi menggantikan gandum dan jagung, disebabkan kandungan protein kasar 8-12%, karbohidrat 65-80%, harganya murah dan sedikit dikonsumsi oleh manusia. Di Pakistan produksi sorghum tiap tahunnya diperkirakan ± 145 ton. 

Sumber : world poultry volume 29, No. 3 2013 

(Mira Astuti Ariharti, S.Pt – Direktorat Pakan Ternak)

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No. 3 Gedung C Lantai 6 - 9, Ragunan
Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan
Daerah Khusus Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset