• Beranda
  • Berita
  • Kunjungan Kerja Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan ke Provinsi Jambi

Kunjungan Kerja Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan ke Provinsi Jambi

  • 03 Agustus 2012, 11:10 WIB
  • /
  • Dilihat 1715 kali

Jambi - Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Ir. Syukur Iwantoro,MS.,MBA di sela-sela aktifitasnya lakukan Kunjungan kerja ke Provinsi Jambi pada Sabtu 28 Juli 2012. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya pemerintah untuk mencapai swasembada daging pada 2014 yang salah satunya dengan menggalakkan SISKA (Sistem Integrasi Sapi dan Kelapa Sawit) seperti yang dilakukan di Provinsi Jambi dengan melibatkan PTPN (PT Perkebunan Nusantara) VI. SISKA adalah sistem simbiosis mutualisme yang mengkolaborasikan antara perkebunan kelapa sawit dengan ternak sapi. Hal ini dilakukan guna melakukan upaya percepatan swasembada daging 2014 yang di dorong pemerintah melalui Ditjen PKH Kementerian Pertanian (Kementan) dengan sejumlah BUMN perkebunan seperti PTPN VI Jambi. 

Selama ini pengembangan peternakan dilakukan dengan tiga pendekatan di antaranya pengembangan ladang atau pengembalaan sapi di padang rumput, pengembangan padat penduduk dan terakhir adalah pengembangan integrasi dengan tanaman misalnya tebu, padi, dan kelapa sawit. Integrasi dengan tanaman artinya memanfaatkan hasil dari ternak tersebut seperti, kotoran dan urine sapi untuk dapat dimanfaatkan sebagai pupuk untuk tanaman. Sedangkan limbah tanaman seperti jerami, pelepah sawit dan limbah lainnya dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak. 

Syukur Iwantoro mengatakan dengan menerapkan SISKA setidaknya bisa menekan biaya produksi dibawah lima persen. “Saya lihat bagus untuk dikembangbiakkan, Menteri BUMN juga melihat baik jika diintegrasikan di PTPN VI,” ujarnya. Ditambahkan Syukur, sejumlah PTPN mulai menerapkan SISKA diantaranya PT PN III, IV dan V. sebagai tahap awal, sedikitnya terdapat 2.000 ekor sapi yang diuji coba untuk dikembangkan di lahan sawit seluas ribuan hektare (ha). 

Dalam kesempatan itu juga dilakukan pertemuan di kediaman Gubernur Jambi Hasan Basri Agus. Dalam kesempatan tersebut diwacanakan ide pembangunan sentra pengembangbiakan sapi baru di Jambi. Gubernur Jambi mengatakan akan menyiapkan regulasi untuk mendorong program siska tersebut untuk mendukung Swasembada Daging Sapid an Kerbau 2014. 

(Salim – Staf Subbag Kerjasama dan Humas Ditjen PKH)

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No.3
Gedung C Lt 6 - 9, Ragunan, Kec. Pasar Minggu,
Kota Jakarta Selatan, Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset