• Beranda
  • Artikel
  • Sulit Menentukan Apakah Telur Masih Segar? Ketahui 4 Triknya

Sulit Menentukan Apakah Telur Masih Segar? Ketahui 4 Triknya

  • 13 Juni 2016, 14:05 WIB
  • /
  • Dilihat 747 kali

Apakah siang ini Anda memutuskan untuk memasak telur, namun lupa sudah berapa lama telur disimpan? Lalu, apa trik untuk mengetahui masih segar atau tidaknya telur Anda?

Umumnya, telur masih tetap segar selama berminggu-minggu jika disimpan di kulas. Namun, Anda tetap tidak bisa mengetahui kesegarannya hanya dari penampilan luarnya saja. Telur harus dibuka, dilihat, dan dicium baunya.

Berikut ini adalah trik-trik yang bisa dipraktikkan untuk mengetahui kesegaran telur seperti dilansir dari laman Boldsky, Rabu (20/5/2015).

1.Warna Putih

Telur segar memilki warna putih berawan. Semakin tua maka semakin jelas pula warna putih yang dimiliki, tetapi masih bisa dikonsumsi. Jika telur memiliki warna merah muda atau warna lainnya serta berbau busuk, berarti telur sudah membusuk dan jangan digunakan.

2. Uji Ambang

Coba lakukan uji ambang jika ingin mengetahui kesegaran telur. Pastikan untuk menempatkan telur dalam mangkuk air dingin sekitar dua kali lebih banyak dari besar telur. Telur yang tenggelam menandakan telur masih segar dan telur yang sudah lama akan mengapung. Jika telur masih melayang-melayang di bawah permukaan air, mereka masih diperbolehkan untuk dikonsumsi. Sebaliknya, jika telur sudah muncul ke permukaan, segera buang telur tersebut.

3. Uji Tumpah

Tempatkan telur di dekat telinga dan kocok sedikit untuk menguji kesegarannya. Apabila terdengar suara tumpah dari dalam telur, berarti telur sudah busuk dan tidak boleh dikonsumsi.

4. Retakan Telur

Percahkan telur di sebuah piring datar. Apabila kuning telur masih berbentuk dan tidak menyebar tandanya telur masih segar dan aman untuk dikonsumsi. Di sisi lain, jika kuning dan putih telur tampak layaknya air, jelas telur telah membusuk.

 

Sumber : https://lifestyle.liputan6.com/read/2232071/sulit-menentukan-apakah-telur-masih-segar-ketahui-4-triknya?p=0

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No.3
Gedung C Lt 6 - 9, Ragunan, Kec. Pasar Minggu,
Kota Jakarta Selatan, Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset