• Beranda
  • Berita
  • Kementan Lakukan Operasi Pasar untuk Stabilkan Harga Telur pada 7 Lokasi di DKI Jakarta

Kementan Lakukan Operasi Pasar untuk Stabilkan Harga Telur pada 7 Lokasi di DKI Jakarta

  • 08 Mei 2019, 01:48 WIB
  • /
  • Dilihat 1272 kali

Jakarta, Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan operasi pasar (OP) untuk stabilkan harga telur di Jakarta. Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menjelaskan, langkah ini dilakukan guna memastikan pemenuhan kebutuhan masyarakat selama Ramadan.  Pada operasi pasar ini  Kementerian Pertanian mendistribusikan 7,2 ton telur ayam ras ke 7 pasar Jakarta. Pasar tersebut antara lain Pasar Palmerah, Gondangdia, Glodok, Pluit, Petojo Ilir, Tebet Barat dan Pulo Gadung.

Menurut Amran yang didampingi oleh Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, I Ketut Diarmita dan Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendardi, menyampaikan bahwa Pemerintah ingin memastikan bahwa kebutuhan masyarakat tetap terpenuhi dan harganya terjangkau. Kita harus pikirkan peternak, pedagang dan konsumen, agar sama-sama untung," ujar Andi Amran Sulaiman, di Pasar Tebet Barat, Jakarta Selatan, (8/5/2019).

Lanjut Amran menjelaskan, operasi pasar ini adalah untuk menjaga agar harga di pasar dapat terjangkau oleh konsumen dan harga di peternak juga bagus. Selain itu, tujuan operasi pasar untuk memastikan pasokan tersedia.

Melalui operasi pasar yang digelar oleh Kementerian ini, Amran mengharapkan harga telur ayam sesuai harga acuan telur ayam ras konsumsi di konsumen, sesuai Permendag No. 96/2018 adalah Rp. 23.000. Operasi pasar dilakukan pada beberapa pasar yg diidentifikasi harga telur mencapai Rp. 26.000

“Kita harus memotong rantai pasok untuk menjaga harga stabil," tegasnya.

"Harga ini harus dijaga karena bisa dinikmati konsumen sekaligus menguntungkan peternak telur sehingga bisa terus berproduksi," kata Mentan Amran. 

Amran juga menjelaskan bahwa suplai telur nasional stabil, berdasarkan data  per minggu selama bulan ini, kebutuhan telur ayam sekitar 41.786 ton, sedangkan ketersediaan mencapai sekitar  60.887 ton, sehingga kita  masih surplus sekitar  19.091 ton. Amran menilai,fluktuasi harga pangan yang terjadi dalam 3 tahun terakhir masih dalam kondisi normal atau stabil. Kondisi ini bisa dilihat dari data BPS terkait 3 isu penting. Pertama, inflasi rendah, kedua PDB meningkat dan terakhir, ekspor terus naik.

Pada kesempatan itu, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, I Ketut Diarmita mengatakan harga telur saat ini secara umum sudah kondusif dan di peternak layer pun sudah bagus, dimana harga telur di peternak regional Jawa, rata-rata Rp. 20.939 dan harga telur di peternak layer di Banten sekitar Rp.21.250.

Namun di pasar Tebet Barat dan enam pasar lainnya yang ada  di Jakarta, yang terindikasi mengalami kenaikan harga telur hingga Rp 26 ribu per kg. Oleh karena itu, Kementan secara serentak menggelar operasi pasar telur ayam di 7 pasar yang ada di wilayah Jakarta.

Dalam operasi pasar pangan murah ini, Ketut berharap masyarakat menjadi senang dengan tersedianya bahan pangan pokok yang dijual dengan harga murah. 

"Kami berharap dengan terjangkaunya harga bahan pangan pokok yang stabil dapat memberikan manfaat untuk masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan asal ternak seperti telur saat Ramadhan,” ujarnya.

 

Narahubung : 
Ir. Fini Murfiani, M.Si., (Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan, Ditjen Peternakan dan kesehatan hewan

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No. 3 Gedung C Lantai 6 - 9, Ragunan
Kecamatan Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan
Daerah Khusus Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset