• Beranda
  • Berita
  • Harga Daging Sapi 85 Ribu Rupiah Per Kg Di Acara Car Free Day (CFD)

Harga Daging Sapi 85 Ribu Rupiah Per Kg Di Acara Car Free Day (CFD)

  • 01 Maret 2016, 15:57 WIB
  • /
  • Dilihat 1383 kali

Jakarta., Car Free Day (CFD) atau hari bebas kendaraan yang dilaksanakan setiap hari Minggu pagi antara jam 06.00-10.00 WIB oleh Pemda DKI Jakarta disekitar Jl. Thamrin-Sudirman dimanfaatkan oleh PT. Berdikari untuk operasi pasar daging murah.  Pada tanggal 21 Februari 2016, PT.  Berdikari (Persero) selaku BUMN yang menjalankan tugas di bidang peternakan menyelenggarakan kegiatan operasi pasar daging sapi murah dengan harga 85 ribu rupiah per kg. Acara ini bertujuan untuk menawarkan daging sapi murah yang berlabel halal dan hygienis kepada masyarakat, sehingga diharapkan dapat menekan harga daging sapi. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama PT. Berdikari (Librato Al Arif) saat menjawab pertanyaan dari beberapa wartawan media.

Menteri Pertanian (Andi Amran Sulaiman) bersama Staf Ahli Menteri bidang Investasi (Syukur Iwantoro) juga turut hadir pada acara tersebut bergabung dengan masyarakat pesertaCar Free Day, untuk menyaksikan langsung penjualan daging sapi lokal murah, halal dan hygienis. Mentan menyampaikan bahwa total daging yang dikeluarkan oleh perusahan BUMN tersebut kurang lebih sebanyak 4 ton yang bersumber dari daerah provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang diangkut lewat kapal khusus  ternak KM. Camara Nusantara I. Kapal khusus ternak tersebut sengaja dirancang oleh pemerintah khusus untuk mengangkut ternak sapi dari daerah sentra produsen ke konsumen guna memenuhi kebutuhan daging sapi di Pulau Jawa khususnya Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Mentan mengungkapkan bahwa “Dengan harga 85 ribu rupiah per kg, itu sudah menguntungkan pengusahanya, yang penting kita sudah memulai dulu karena ini merupakan program unggulan pemerintah saat ini”. Lebih lanjut Mentan menpertegas bahwa "Inilah salah satu program unggulan Bapak Presiden dengan adanya Tol Laut, dapat memperbaiki suply change dan menghemat biaya sampai 80%, dan inilah hasilnya, dan kita akan lanjutkan".

Masyarakat sangat antusias hadir pada acara operasi pasar daging sapi murah yang dilaksanakan oleh PT. Berdikari. Daging yang dijual pada operasi ini terjual habis karena harganya yang terjangkau. Diharapkan kedapan dengan adanya penambahan kapal khusus ternak, maka daging sapi murah dapat dijual murah dan dapat memenuhi kebutuhan daging sapi di wilayah Jabodetabek.

Program penyediaan kapal angkut khusus ternak oleh pemerintah saat ini sangat membantu masyarakat, baik peternak sebagai produsen maupun masyarakat sebagai konsumen. Pemanfaatan kapal khusus ternak ini diharapkan peternak dapat menerima harga jual sapi dengan harga yang lebih tinggi karena pemerintah memotong mata rantai dengan membeli sapi langsung pada kelompok-kelompok peternak. Demikian halnya dengan masyarakat konsumen yang menerima harga jual daging sapi menjadi lebih terjangkau. 

 

Sumber: Padjarnain, S.Pt, Yuliana Susanti, S.Pt, MSi. Subbag Kerjasama dan Humas, Bagian Perencanaan Ditjen PKH

Logo

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Jl. Harsono RM No.3
Gedung C Lt 6 - 9, Ragunan, Kec. Pasar Minggu,
Kota Jakarta Selatan, Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550

Tlp: (021) 7815580 - 83, 7847319
Fax: (021) 7815583

[email protected]
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/

Tetaplah Terhubung

Mari jalin silaturahmi dengan mengikuti akun sosial media kami

Copyright © 2021 Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian - All Rights Reserved

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset